MUNGKID-Bertahun-tahun Ibu Marni, 75, warga Dusun Ganjuran, Tuk Songo, Borobudur, Kabupaten Magelang berdoa agar keluarganya bisa memiliki rumah yang layak huni. Harapan terkabul doanya semakin tinggi saat hujan turun. Karena rumahnya banyak yang bocor, terutama di bagian dapur.

Doa tersebut akhirnya terwujud. setelah PT Taman Wisata Candi (TWC) yang mempunyai Program Kepedulian Bina Lingkungan (PKBL) memberikan stimulan. “Alhamdulillah, akhirnya bisa punya rumah tembok dan tidak bocor lagi. Doa-doa kami terkabul,” kata Marni didampingi Tarmidi, suaminya, kemarin.

Ya, Marni bersama Ibu Tomblok warga Kalitengah, Giritengah, Borobudur, salah satu korban longsor beberapa waktu lalu,menerima bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Hunin (RTLH) dari PT TWC. Menurut Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi, masih banyak keluarga di wilayahnya yang memiliki RTLH. Adanya kepedulian dari BUMN tersebut sangat membantu pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kemarin baru saja kami menerima Bantuan Stimulan Rumah Sederhana untuk 200 keluarga dari Kementerian PUPR. Tahun lalu juga 200 buah. Tetapi itu semua belum mencukupi upaya pengentasan kemiskinan di Borobudur. Masih butuh bantuan dan kepedulian lainnya,” tuturnya.

Dirut PT TWC Edy Setijono mengaku saat berbuat baik, justru kita akan melihat semakin kurang apa yang harus dilakukan. Tetapi untuk bisa memenuhi kekurangan, butuh upaya keras dan skala prioritas. Pihaknya berusaha mewujudkan sinergitas perusahaan dengan lingkungan sekitar. “Kami tidak ingin Candi Borobudur saja yang jadi pusat peradaban. Sementara kawasan sekitarnya justru banyak kekurangan. Jadi, harus maju bersama.Bersinergi bersama,” pintanya.

Penyerahan bantuan yang berlangsung di depan rumah Ibu Marni disaksikan oleh Forpimcam Borobudur. Dalam kesempatan itu, diberikan bantuan kepada Organisasi Penanggulangan Resiko Bencana (OPRB)Borobudur berupa gergaji chainsow dan genset. Untuk Masjid Al Ma-sum Dusun Gopalan, Borobudur diberikan bantuan lampu dan perlengakapan salat. Sedangkan Musala Al Amin MI Ma’arif Kenalan Borobudur berupa keramik. “Untuk perbaikan rumah Ibu Marni dan Ibu Tomblok, kami memberi stimulan sekitar Rp 25 Juta. Kemudian ada warga yang membantu jendela dan pintu,” tambahnya.

Dengan adanya bantuan tersebut, PT TWC berharap masyarakatbisa lebih khusyuk menjalankan ibadah dalam Bulan Ramadan tahun ini. Total bantuan yang disalurkan berjumlah Rp 137.100.000. (dem/din/mg1)