KULONPROGO – Kursi DPRD Kulonprogo Fraksi Gerindra sudah terisi. Kalis Gatot Raharjo menggantikan Suprapta yang telah dinonaktifkan sebagai anggota DPRD sebelumnya. Pelantikan dan pengucapan sumpah dan janji dilaksanakan dalam Rapat Paripurna Istimewa Dewan (16/5).

Dasar penetapan Kalis Gatot Raharjo yakni keputusan Gubernur DIJ Nomor 130/Kep/2018 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPRD Kulonprogo, Peraturan DPRD Kulonprogo No 1/2016 tentang Tata Tertib sebagaimana telah diubah dengan Peraturan DPRD Kulonprogo No 2/2017, dan Keputusan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kulonprogo tanggal 30 April 2018.

Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati dalam sambutannya mengatakan sesuai ketentuan Tata Tertib DPRD dan berdasarkan surat dari Fraksi Partai Gerindra Nomor: 05.01/B/FRAKSI GERINDRA/ 2018 tanggal 14 Mei 2018 perihal Surat Penugasan, Kalis Gatot Raharjo menempati Komisi IV dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

“Selamat datang, kami percaya dengan bekal pengalaman saudara akan dapat segera menyesuaikan diri. Kami berharap saudara bisa segera melaksanakan tugas-tugas baru yang telah dilaksanakan oleh pendahulu saudara,” kata Akhid.

Proses pengisian kekosongan anggota DPRD Kulonprogo dari Fraksi Gerindra sempat terkatung-katung. DPP dan DPD sempat meminta agar DPC Gerindra mengaktifkan kembali Suprapta yang tersandung kasus hukum.

Namun DPRD Kulonprogo tidak dapat melaksanakan permintaan DPP Gerindra, sebab bukan menjadi kewenangan DPRD. Setidaknya hal itu dibenarkan Akhid Nuryati didampingi Sekwan Irianta (waktu itu, red). DPRD Kulonprogo keberatan meluluskan permintaan mengaktifkan kembali Suprapta setelah berkonsultasi dengan Kemendagri. (*/tom/iwa/mg1)