SLEMAN-Dalam rangka meningkatkan kualitas pembinaan mental spiritual bagi pejabat dan tokoh masyarakat khususnya dalam mengisi bulan suci Ramadan 1439 H, Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Safari Tarawih Kabupaten Sleman. Hari pertama kegiatan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (17/5). Acara ini diawali dengan berbuka puasa bersama dan Salat Magrib berjamaah.

Kepala Bagian Kesejarahteraan Masyarakat Pemkab Sleman Iriansyah mengatakan, kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi antar pejabat, baik TNI, Polri, maupun tokoh masyarakat di lingkungan Pemkab Sleman. Adapun Safari Tarawih di akan dilaksanakan selama 19 kali. Rangkaian itu terdiri dari 17 kali di beberapa masjid di Sleman, 1 kali di Pendopo Rumah Dinas Bupati, dan 1 kali di Masjid Agung saat Nuzulul Quran.

Bupati Sleman Sri Purnomo berharap, nantinya semua pihak bisa mengikuti Safari Tarawih sesuai dengan kelompoknya serta waktu yang telah dijadwalkan. Dia berpesan, jangan sampai jarak masjid yang jauh menghalangi niat untuk melaksanakan kegiatan ini. Menurutnya, jangan melihat jauh dekatnya masjid yang akan dikunjungi, tapi lihatlah dengan melakukan safari ini bisa memakmurkan masjid-masjid. “Jarak masjid yang jauh itu berarti pahalanya lebih banyak,” katanya.

SP menghimbau kelompok yang telah dibagi bisa hadir semua dan menyampaikan pesan-pesan yang baik kepada masyarakat. SP juga memberikan arahan agar saat adzan dan iqamah diberikan jarak sekitar 25 menit. Hal itu dimaksudkan agar para jamaah yang rimahn jauh dari masjid tidak tertinggal untuk salat berjamaah.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Sekretaris Daerah Sleman, Dandim, kepala Kemenag Sleman, kepala OPT di lingkungan Kabupaten Sleman, serta tokoh masyarakat. (ita/din/mg1)