PURWOREJO-Karang Taruna Desa Joso Kecamatan Ngombol bekerjasama denganDinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DinKUKM) Purworejo mengadakan Pasar Ramadan. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan selama 25 hari yang dimulai pada 16 Mei hingga 13 Juni mendatang.

Pembukaan Pasar Ramadan yang letaknya 100 meter selatan kantor Kecamatan Ngombol itu dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian didampingi Sekda Said Romadhon, Plt Kepala DINKUKMP Purworejo Kendramoko, Kepala Dinhub Agus Budi Supriyanto, Kabag Hukum Setda Setyowati, Plt Camat Ngombol Rita Purnama dan perwakilan Bank Jateng, Kamis (17/5). “Pasar Ramadan ini merupakan bentuk kepedulian pemkab. Harapannya dapat mendorong UMKM untuk dapat berkembang. Selain itu juga untuk memasarkan produk-produk andalan Kabupaten Purworejo, sekaligus menghidupkan perekonomian di Desa Joso,” kata bupati.

Agus berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan. Bahkan apabila memungkinkan, ke depan tidak hanya digelar di satu tempat saja, melainkan di beberapa tempat yang berbeda. “Pasar ini bisa juga diadakan didesa-desa lainnya. Selain bisa berkontribusi menumbuhkan dan mengembangkan geliat UMKM, juga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencari kebutuhan selama bulan puasa,” harapnya.

Bupati juga menyerahkan secara simbolis bantuan RTLH dari Baznas senilai Rp 10 juta dan voucher belanja bagi warga kurang mampu.

Plt Camat Ngombol Rita Purnama menjelaskan, dengan danya kegiatan ini pihaknya ingin menggiatkan potensi produk lokal yang ada di Kabupaten Purworejo, khususnya potensi produk lokal di Kecamatan Ngombol. Pihaknya juga berupaya untuk sedikit mengentaskan kemiskinan, dengan memberikan bantuan dari sponsor berupa 334 voucher belanja bagi warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Ngombol. “Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Pasar Ramadan ini,” ujar Rita. (udi/din/mg1)