SLEMAN – Menyikapi serangan terorisme yang terjadi di Surabaya, Plaza Ambarrukmo (Amplaz) terus melakukan peningkatan keamanan dengan melakukan penebalan standar operasional kemanan (double check) di beberapa titik distribusi. Seperti di pintu masuk dan keluar kendaraan, tempat parkir, basement, lobi depan dan bawah, serta pintu keluar masuk barang.

General Manager Surya Ananta mengatakan, tindakan ini dilakukan untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus memberikan rasa aman dan nyaman kepada setiap pengunjung yang datang.
“Sebenarnya pengecekan ini kami lakukan setiap hari, namun sejak adanya kejadian di Surabaya kami perkuat dengan melakukan penebalan lewat sistem double cross check,” ujar Nanan, sapaannya, dalam konferensi pers, Rabu (16/5).

Adapun standar operasional kemanan yang diterapkan Amplaz saat ini mengecek semua pergerakan pengunjung mulai dari pintu masuk ke area parkir, basement, lobi, dan pintu keluar masuk barang di area samping. Pengecekan dilakukan satu persatu mulai dari pengecekan kendaraan dan barang bawaan.

“Kalau dulu kan cuma screening saja. Kalau sekarang orang mau masuk mal kendaraan dan barang bawaannya dicek. Bagasi motor atau mobil dibuka, dilihat, begitu halnya dengan tas atau barang bawaan lainnya. Seperti kalau dia distributor, barangnya diteliti satu-satu,” paparnya.

Nanan mengaku pengecekan ini telah dilakukan manajemen sesaat setelah ada aksi teror di Surabaya. Tepatnya pada hari Minggu lalu. “Nantinya kami akan melakukan double check ini sampai keadaan membaik dengan batas waktu yang belum ditentukan,” imbuhnya.

Adapun jumlah penambahan personel yang diterjunkan untuk melakukan penebalan ini ada 15 orang. Mereka tersebar di lima titik rawan keluar masuk orang dan barang.

“Kami berharap dengan penebalan ini pengujung dapat merasa aman saat melakukan pembelajaan. Mengingat tingkat kunjungan dalam tiga hari terakhir memang sedikit menurun, namun tepat pada hari ini jumlah pengunjung sudah mulai normal bahkan cenderung naik,” katanya.

Nanan menilai naiknya pengujung pada hari Rabu (16/5) dipengaruhi rilisnya salah satu film di XXI. Film bergenre action komedi ini dianggap memiliki magnet tersendiri bagi penikmat cinema. (met/ila/mg1)