Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulonprogo Eka Pranyata mengatakan, sejumlah program Desa Prima telah berjalan. Instansinya juga ikut cawe-cawe dengan memberikan pendampingan.

” Di Kulonprogo ada 10 Desa Prima yang terbentuk,” katanya Senin (14/5).

Tahun ini Desa Prima dibentuk di Desa Desa Depok, Panjatan, Desa Karangsewu, Galur dan Desa Bumirejo, Lendah. Terkait bantuan modal bakal diarahkan pada pengembangan usaha dan peningkatan kinerja.

Dari tiga desa itu, Desa Prima Depok dan Karangsewu memfokuskan pada kuliner. Hingga sekarang instansi yang dipimpinnya telah dua kali memberikan pendampingan.

Eka melihat Desa Prima bersifat pemberdayaan. Evaluasi tidak harus berupa pendampingan, pengamatan maupun penilaian. Namun juga bisa diwujudkan dalam bentuk lomba.

“Mana yang produktif akan didukung penuh. Tidak hanya produknya yang dilombakan, namun tingkat kemajuan usahanya juga akan dicermati,” ujar Eka.

Dia berencana menginisi lomba Desa Prima sebagai bentuk terobosan. Antarpengelola Desa Prima bisa berkompetisi. Dengan adanya lomba itu mereka akan lebih semangat untuk berkembang.

“Tidak hanya dinilai, mereka akan diberi hadiah untuk memotivasi. Hadiah yang diberikan untuk pengembangan usaha. Itu menjadi syarat,” imbuhnya. (tom/kus/mg1)