SLEMAN – Jajaran Polda DIJ dan TNI Korem 072 Pamungkas meningkatkan intensitas patroli gabungan. Setiap harinya terdapat dua tim yang berpatroli dari pagi hingga malam. Patroli gabungan ini melibatkan Tim Progo Sakti, Sat Sabhara dan Brimob Polda DIJ dan Batalyon Infanteri 403 Wirasada Pratista.

Kabid Humas Polda DIJ AKBP Yuliyanto menuturkan, patroli tidak hanya di jajaran setingkat Polda. Setiap penanggungjawab wilayah Polres dan Polresta juga menggelar patroli gabungan tersendiri. Patroli tersebut juga melibatkan jajaran Kodim setempat.

“Tujuannya memberikan rasa aman kepada masyarakat Jogjakarta. Sasaran patroli adalah objek vital mulai dari tempat ibadah, pusat keramaian hingga rumah-rumah pejabat pemerintah,” jelasnya usai apel patroli gabungan di Mapolda DIJ, Selasa (15/5).

Hingga saat ini kondisi Jogjakarta tergolong kondusif. Meski begitu jajaran Polda DIJ dan Korem 072 Pamungkas tidak ingin terlena. Kondisi ini justru menjadi rawan ketika ada potensi bahaya tak terduga. Itulah mengapa dalam patroli setiap personel dilengkapi perlengkapan standar keamanan.

Untuk mengoptimalkan patroli, terbagi dalam dua sif. Patroli pertama dari pukul 08.00 hingga 16.00, berlanjut pukul 16.00 hingga 00.00. Sempat disinggung pula fokus patroli di wilayah Kabupaten Sleman dan Kota Jogja.

“Pertimbangannya dua wilayah ini dinamikanya cukup tinggi, meski tidak menutup kemungkinan patroli hingga wilayah lainnya. Selain tim ini, adapul tim non uniform yang tetap siaga dan memantau di sejumlah tempat tertentu,” ujarnya.

Kabag Pembinaan Operasional Biro Operasional Polda DIJ AKBP Karwanto menjelaskan, tim ini sifatnya back-up. Artinya kewenangan tetap menjadi priotitas pemilik wilayah. Itulah mengapa pelaporan berkala wajib dilakukan oleh penanggungjawab unit.

Komandan Peleton Batalyon 403 Lettu Imam Mustain mengungkapkan timnya siap. Tidak hanya personel, jajarannya juga menyiagakan kendaraan tempur dalam setiap patroli. Personelnya juga terus bersinergi terkait informasi dan kondisi di lapangan.

“Tidak ada batas waktu untuk patroli ini, sampai dirasa aman dan kondusif,” jelasnya. (dwi/ila/mg1)