Anggota Komisi D DPRD DIY Nurjanah menilai usaha kuliner di Jogja memiliki peluang besar terus berkembang. Ini seiring dengan predikat Jogja sebagai kota pelajar dan kota pariwisata.

“Setiap saat orang selalu berkunjung ke Jogja. Jumlahnya cenderung terus bertambah. Bisnis kuliner tidak ada habisnya,” ungkap Nurjanah saat bedah buku berjudul Bisnis Usaha Kecil Menengah: Akuntansi, Kewirausahaan dan Manajemen Pemasaran yang diadakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DIY) di Balai Serbaguna Ledok Tukangan, Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta pada Jumat (11/5) lalu.

Dengan banyaknya orang ke Jogja, baik bertempat tinggal karena melanjutkan studi maupun melancong membuka peluang usaha kuliner. Sebab, kebutuhan makanan tak bisa dielakan. Potensi itu, lanjut dia, harus dapat ditangkap sehingga mendapatkan peluang ekonomi bagi masyarakat Jogja.

Nurjanah menambahkan, masyarakat di Ledok Tukangan maupun Tegalpanggung banyak bergerak di bidang usaha informal. Di antaranya mereka membuka usaha makanan ringan maupun kuliner. Kategorinya termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Mereka juga membentuk kelompok usaha bersama alias KUBE.

Keberadaan buku berjudul Bisnis Usaha Kecil Menengah: Akuntansi, Kewirausahaan dan Manajemen Pemasaran sangat tepat menjadi inspirasi mengembangkan usaha kuliner bagi masyarakat Ledok Tukangan dan Tegalpanggung. Buku tersebut dapat dipelajari sebagai strategi atau kiat agar usahanya cepat tumbuh.

Bedah buku juga menghadirkan editor buku tersebut Aditya Kurniawan dari Graha Ilmu dan Fatma Arief Fianti, praktisi UMKM Kota Yogyakarta. Aditya dalam paparannya mengatakan, semua usaha ekonomi produktif membutuhkan kejelian. Setiap pelakunya dituntut kreatif dan inovatif. “Tanpa kedua hal itu, usaha apapun akan susah berkembang,” ingatnya.

Kegiatan bedah buku itu mendapatkan respons positif dari masyarakat di Ledok Tukangan dan sekitarnya. Terbukti gedung serba guna yang berada di tengah perkampungan padat itu dipenuhi peserta. Hampir tak ada kursi kosong yang tersisa dari acara tersebut. (kus/mg1)