SLEMAN – Guna memastikan keamanan, menyusul terjadinya aksi terorisme di Surabaya, otoritas Bandara Adisutjipto meningkatkan keamanannya. Personel TNI bersenjata lengkap dan anjing K9 jenis Labrador diintensifkan melakukan pemeriksaan barang bawaan calon penumpang bandara.

Dengan sigap anjing pelacak mengendus satu per satu barang bawaan khususnya yang berada di dalam mobil. Selain diperiksa menggunakan anjing pelacak personel keamanan juga memeriksa bagian bawah mobil menggunakan metal detector.

“Meskipun setiap hari sudah dilakukan pemeriksaan. Sejumlah personel di tempatkan di areal pintu masuk terminal A maupun B,” ujar Kasi Gaktib Lanud Adisutjipto Mayor Pom Sunarta.

Dia mengatakan, dengan dilibatkannya k9 ini kinerja pasukan keamanan di bandara internasional semakin meningkat. “Harapannya membuat aman dan nyaman para penumpang pesawat yang menggunakan jasa moda transportasi udara,” ungkapnya.

Salah satu calon penumpang Priyanto mengatakan tidak keberatan dengan keamanan yang diperketat. “Dengan diadakan peningkatan keamanan di bandara saya rasa tak masalaj. Agar tidak terjadi aksi seperti di Surabaya,” ujarnya. (sky/ila/mg1)