PALEMBANG ibukota Provinsi Sumatera Selatan bakal menjadi pusat perhatian dunia. Kota seluas 358,55 km² itu sedang berbenah untuk penyelenggaraan Asian Games 2018. Dihelat 18 Agustus hingga 2 Mei 2018.

Sejumlah fasilitas kelas dunia dibangun. Satu di antaranya, Jakabaring Sport Center dan Gelora Sriwijaya, markas klub Sriwijaya FC.

Kawasan ini akan menjadi salah satu daya tarik pariwisata Kota Palembang. “Dalam waktu dekat kami akan membangun sirkuit untuk menggelar Moto GP,” kata Kepala Kominfo Sumatera Selatan Inanda Karina Astari Fatma.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut, ada sejumlah objek wisata lain yang pantas dikunjungi di Kota Pempek ini. Di antaranya Jembatan Ampera.

Ini adalah ikon dan lambang Palembang yang dibangun 1962. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan Sungai Musi.

Kita juga bisa berkunjung ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Wisatawan harus naik perahu sekitar 30 menit ke pulau yang berjarak sekitar enam kilometer dari Jembatan Ampera. Di Pulau Kemaro terdapat vihara yang banyak didatangi umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Untuk wisata religi, wisatawan bisa mengunjungi Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Didirikan Sultan Mahmud Badaruddin. Selain itu ada juga Masjid Cheng Ho yang dibangun untuk menjaga hubungan baik antara warga Palembang dan warga Tionghoa.

Palembang juga memiliki Museum Quran Raksasa di Jalan M. Amin Fauzi, Soak Bujang, Kelurahan Ganus, Palembang. Museum ini memiliki pahatan Quran dengan media kayu tembesu.

Memiliki panjang 166 sentimeter, lebar 140 sentimeter, tebal 2,5 sentimeter. Dengan pahatan berjumlah 315 papan, serta total 630 halaman lengkap dengan tajwid serta doa khatam Quran.

Quran Raksasa merupakan karya Sofwatillah Mohzaib. Dibuat selama tujuh tahun dengan biaya Rp 1,2 miliar. Namun akses jalan menuju lokasi ini belum memadai.

Tentu masih banyak lagi objek wisata lain di kota ini. Cukupkan waktu dan biaya untuk ke sana. Apalagi penerbangan Jogja-Palembang PP langsung sudah tersedia. (din/iwa/mg1)