JOGJA- Event gowes Le Tour de Jogja 2018 yang digagas Komunitas Jogja Gowes sukses digelar. Sebanyak 610 peserta ambil bagian dalam kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Parkir Jogja Expo Center (JEC), Minggu (6/5) itu.

Para peserta menempuh jarak 110 kilometer yang terbagi dalam tiga pemberhentain. Selain rute yang panjang, peserta juga menghadapi tantangan jalan menanjak menuju lokasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk, Gunungkidul. “Kami targetkan kegiatan ini bisa digelar lagi dengan peserta lebih banyak, sehingga Jogja bisa menjadi icon kegiatan bersepeda di Indonesia. Bahkan dunia,” kata Ketua Jogja Gowes Yuda Wicaksana Putra.

Wali Kota Haryadi Suyuti yang saat itu hadir melepas peserta gowes mengapresiasi kinerja panitia atas terselenggaranya acara ini. Ia mengupayakan Pemkot Kota Jogja menyuport acara ini tahun depan. Ketua Panitia Le Tour de Jogja Panca Setiawan menyambut positif pernyataan wali Kota Jogja. Dengan dukungan Pemkot Jogja dan semua pihak, dia optimistis gelaran ini bisa dilaksanakan lagi dengan lebih besar tahun depan. “Terselenggaranya acara ini swadaya dari komunitas didukung dari berbagai pihak,” ujarnya.

Dukungan diberikan dari berbagai pihak. Dinas Pariwisata DIY memfasilitasi tempat acara, hiburan, panggung, dan venue. Komunitas sepeda WSKT Cycling Club, Waskita Tol Road, Artha Gutama Sejahtera membantu jersey panitia, konsumsi peserta dan panitia. Polygon Bikes Indonesia menyumbang hadiah sepeda dan frame. Bank Mandiri dan Bank BPD DIY memberikan bantuan hadiah. Pocari Sweat menyuport minuman isotonik untuk peserta. Cleo Pure Water dan Fin Logistik menyumbang 6000 minuman di Pit Stop dan Water Station. Klinik Hemodialis Nitipuran dr Kuncahyo Kamal Arifin menyumbang hadiah untuk Sprint Challenge dan Doorprise.

DAGADU Djokdja dan Silol Kopi & Eatery menyumbang hadiah KOM. Kopi Panggang menyumbang konsumsi peserta di Pit Stop 1. AVELIO Gloves and Sportwear menyumbang hadiah. PVR Industry membantu jersey road captain dan finisher. TAHAKI Berkah Jaya untuk tenda, balon gate. Lensa Kubus Production sebagai official production house. Lacak in mendukung dengan penyediaan aplikasi pemantauan posisi peserta. Rembug Kopi Jogja memberikan dukungan fasilitasi ke panitia. Selain itu ada 3 media partner besar yang mendukung acara Le Tour de Jogja 2018 ini adalah Portal KotaJogja.com, NET TV dan Official Media Radar Jogja.

Dukungan berbagai pihak ini lah yang menjadi bagian unik dari event Le Tour de Jogja 2018 yang akhirnya mensukseskan terselenggaranya event ini. Panitia LE TOUR DE JOGJA 2018 mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh Pihak yang telah mendukung acara ini dan berharap tahun depan bisa menjadi event yang lebih besar. (**)