SLEMAN – Warga Desa Widodomartani, Ngemplak, Sleman kembali menggelar Merti Sumber di lokasi wisata Blue Lagoon Jumat (11/5). Upacara ini merupakan wujud syukur warga karena diberi air yang melimpah meskipun kemarau melanda.

Ketua Merti Sumber Suhadi mengatakan upacara ini sudah berlangsung tiga kali. Kali ini berbeda dengan sebelumnya. Ritual dilakukan dengan menuangkan air Tirta Budi ke dalam kendi. “Tahun ini mengambil air dari makam dan petilasan para wali dan air laut utara dan selatan,” kata Suhadi.

Dijelaskan, terdapat sebelas macam air yang dituangkan ke dalam kendi dan dicampur menjadi satu. Hal itu bermakna menyejahterakan kehidupan warga. “Khususnya untuk keberlangsungan mata air agar tidak punah,” kata Suhadi.

Acara berlangsung meriah dan mengarak tiga gunungan berisi hasil bumi. Diawali gelaran seni budaya dilanjutkan kirab gunungan dan puncaknya Upacara Merti Sumber di Blue Lagoon.

Dengan upacara ini Suhadi ingin masyarakat sadar akan budaya dan ikut melestarikannya. “Generasi berikutnya makin sadar akan pariwisata, lingkungan dan budaya,” kata Suhadi.

Salah seorang peserta Rina Fatonah yang ikut membawa panji bendera mengatakan bangga ikut upacara tersebut. Dia ikut andil melestarikan budaya. “Semoga dengan upacara adat ini kunjungan ke Blue Lagoon semakin meningkat,” kata Rina. (cr4/iwa/mg1)