SLEMAN – Warga Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen masih ada yang bertahan di rumah masing-masing, namun ada beberapa warga yang sudah turun untuk mengungsi. Saat ini sebagian warga masih bertahan di Balai Desa Glagaharjo dan Sindumartani.

Kasie Mitigasi Bencana BPBD Sleman Joko Lelono mengatakan, berdasarkan status BPPTKG saat ini status merapi normal aktif, tetapi terjadi erupsi freatik, tanpa diawali kegiatan magmatik, areal terdampak berjarak 5 kilometer sudah mengalami hujan abu. Berdasarkan informasi BPPTKG tidak di ikuti erupsi berikutnya.

Dari informasi yang dikeluarkan @BPPTKG via Twitter dinyatakan erupsi freatik Gunung Merapi dengan durasi kegempaan 5 menit. Akun resmi milik Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi itu menyatakan, erupsi yang terjadi bersifat freatik (dominasi uap air). Erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susulan. Sebelum erupsi freatik ini terjadi, jaringan seismik Gunung Merapi tidak merekam adanya peningkatan kegempaan. Namun demikian, sempat teramati peningkatan suku kawah secara singkat pada pukul 6.00, sekitar 2 jam sebelum erupsi. Pascaerupsi, kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang.

Erupsi freatik adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma baik secara langsung ataupun tidak langsung. Erupsi freatik terjadi ketika adanya air tanah, air laut, air danau kawah, atau air hujan yang menyentuh magma di dalam bumi. Panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap, dan ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung, maka akan terjadi letusan yang disebut erupsi freatik. Letusan dari erupsi freatik mengeluarkan material padat yang terlempar akibat tekanan dari uap tadi.

“Terjadi longsor di pinggir kawah, kemudian longsoran atau materialnya masuk kawah sehingga terjadi letusan freatik. Warga dimohon tetap tenang dan tidak panik,” ujar anggota Komunitas Jalin Merapi Sukrisno Br. (cr4/ila/mg1)