JOGJA – Sifat gotong royong dan kebersamaan warga Kota Jogja memang patut diacungi jempol. Seperti yang dilakukan oleh para pedagang asongan Jalan Margomulyo, Jogja, yang rela berhenti sejenak berjualan untuk membersihkan sisa abu akibat letusan freatik Gunung Merapi Jumat sore (11/5).

Sejak pukul 16.00 hingga jelang Magrib, sekitar 50 pedagang asongan yang biasa berjualan di Titik Nol Kilometer Jogja, dibantu petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIJ bersih-bersih di tempat nongkrong di Kota Jogja itu.

“Debunya tadi kan banyak banget, kasihan para pengunjung,” ujar salah seorang pedagang asongan Arif Maulana.

Dengan peralatan sapu lidi, para pedagang asongan membantu membersihkan sisa abu di kawasan Titik Nol Kilometer Jogja, setelah diguyur air dari truk milik BPBD DIJ. Termasuk juga memunguti sampah secara sembarangan oleh pengunjung. “Dengan alat seadanya saja, yang penting kelihatan bersih lagi,” tutur penjual minuman kemasan itu.

Salah seorang petugas TRC BPBD DIJ Krisnadi Setiawan menambahkan aksi bersih-bersih tersebut dimulai dari depan Gedung Agung hingga ke kawasan Titik Nol Kilometer Jogja. Alasannya, karena di kawasan tersebut yang banyak terdapat masyarakat dan wisatawan. “Kami dibantu pedagang asongan dan PAM Budaya, kami siapkan air untuk menyemprot abu,” tuturnya. (pra/ila/mg1)