JOGJA – Food truck milik Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang DIJ selama bulan Ramadhan nanti akan berkeliling ke seluruh wilayah DIJ membagikan paket berbuka puasa. Selama 25 hari food truck tersebut akan menyambangi ke wilayah-wilayah terpencil di DIJ yang membutuhkan bantuan.

“Kita prioritaskan di daerah terpencil, yang banyak warga kurang mampu, kita ajak untuk menikmati sajian buka puasa yang enak,” ujar Head of Communication Aksi Cepat TanggapDIJ Onny Leo Chandra dalam jumpa pers Rabu (9/5). Menurut dia setiap harinya food truck milik ACT DIJ tersebut akan membawa 200 bungkus sajian berbuka puasa bagi masyarakat di lokasi tujuan. “Jadi bantuan kita tidak hanya di luar saja tapi juga di sekitar kita,” lanjutnya.

Onny mengatakan lokasi yang menjadi sasaran terutama di wilayah pegunungan di Gunungkidul maupun Kulonprogo. ACT DIJ mensyaratkan lokasi yang menjadi sasaran adalah wilayah yang banyak terdapat kalangan kurang mampu. Paket berbuka puasa tersebut diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi warga selama Ramadhan. “Juga yang selama ini mungkin jarang mengonsumsi makanan yang lezat,” tuturnya.

Selain itu, tambah Onny, ACT DIJ selama Ramadhan nanti juga akan membagikan paket pangan Ramadhan bagi keluarga tidak mampu. Tiap keluarga tersebut nantinya akan mendapatkan paket sembako untuk kebutuhan selama sebulan Ramadhan nanti hingga Lebaran. “Untuk paketannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga,” terangnya.

Kepala Cabang ACT DIJ Agus Budi Hariyadi menambahkan selain bantuan untuk warga DIJ, dalam bulan Ramadhan 2018 ini di tingkat nasional juga akan meluncurkan kapal Ramadhan bantuan pangan di tepian negeri. Sama dengan yang akan dibagi di DIJ, kapal tersebut akan membawa bantuan kebutuhan bagi masyarakat kurang mampu selama Ramadhan nanti. “Tujuannya ke pulau-pulau di Maluku, Papua hingga NTT, kita berbagi kesenangan selama Ramadhan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Agus juga menyampaikan kapal kemanusiaan ACT yang dikirimkan ke Palestina dan Suriah sudah sampai dan menyalurkan bantuan di sana. Dalam waktu dekat, ACT lanjut Agus, juga akan kembali menggalang donasi untuk kapal kemanusiaan yang dikirim ke delapan tujuan, mulai dari Palestina, Suriah, Yaman, Somalia, Khasmir serta pengungsi Rohingya di Myanmar dan Bangladesh. “Harapan kami selama bulan Ramadhan yang baik bisa menyisihkan sebagian hartanya untuk donasi kemanusiaan,” ungkapnya. (pra/ong)