SLEMAN – Sebagai wujud bakti dan penghargaan pemerintah Kabupaten Sleman kepada para pendahulunya, jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan ziarah ke makan mantan Bupati Sleman kemarin.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-102 Kabupaten Sleman 15 Mei 2018 mendatang. Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan kegiatan tersebut merupakan upaya Pemkab Sleman menjalin tali silaturahmi kepada ahli waris mantan Bupati Sleman.

“Sehingga generasi penerus dapat mengenang dan meneladani jasa-jasa para mantan Bupati Sleman tersebut,” ujarnya di Makam Hastorenggo kemarin.

Ahli waris KRT Dipodiningrat, Widarto Widodo berharap kegiatan tersebut memberi manfaat bagi Pemkab Sleman. Ziarah diharapkan memicu semangat Pemkab Sleman meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bila ada hal-hal positif dari eyang-eyang kami yang bisa diteladai oleh generasi penerus, mohon bisa dimanfaatkan,” kata Widarto.

Ziarah diikuti para pimpinan SKPD dan Forkompimda Kabupaten Sleman. Peserta ziarah dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok satu dipimpin Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sleman Purwatno Widodo.

Makam yang dikunjungi kelompok satu adalah makam Bukhori S Pranotokusumo di Rejodani Sariharjo, Ngaglik. Dilanjutkan ke makam mantan Bupati Sleman KRT Projodiningrat, KRT Murdodiningrat, KRT Tejohadiningrat, dan KRT Projosuyoto Hadiningrat yang bertempat di komplek Makam Pakuncen Jogja.

Sedangkan kelompok dua dipimpin Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Arif Haryono berziarah ke makam KRT Dipodiningrat dan KRT Prawirodiningrat di Makam Hastorenggo Kotagede. Dilanjutkan ke makam Pringgodiningrat di Karongan, Jogotirto, Kecamatan Berbah. (ita/iwa/mg1)