JOGJA – Dibuka hampir sebulan, ternyata tidak membuat banyak pendaftar untuk bakal calon ketua umum KONI DIJ. Sampai penutupan pendaftaran 5 Mei lalu, tim penjaringan dan penyaringan hanya menerima satu pendaftar yakni Djoko Pekik Irianto yang juga ketua I KONI DIJ. Dia diusung 14 pemilik suara.

“Proses tetap akan kami jalankan, baik penyaringan maupun penjaringan akan disampaikan ke forum Musordalub pada 12 Mei 2018,” ujar Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Nolik Maryono.

Terkait mekanisme pemilihan, meskipun hanya ada satu pendaftar, keputusan selanjutnya akan dibawa dalam agenda Musyawarah Olahraga Daerah Luar Biasa (Musordalub). Ketua Panitia Musordalub KONI Maryanto mengatakan, apakah nantinya calon tunggal akan melawan kotak kosong atau mekanismenya seperti apa, akan diserahkan kepada forum.

“Keputusan tertinggi di Musordalub, dari panitia cuma sebatas penjaringan dan penyaringan. Pendaftaran tidak diperpanjang, karena ternyata sudah ada calon,” bebernya.

Saat ini terdapat 44 cabang olahraga (cabor), 6 badan fungsional, dan 5 KONI Kabupaten/Kota yang terdaftar sebagai anggota KONI DIJ. Ditambah KONI DIJ dan KONI Pusat, yang masing-masing memiliki hak satu suara. (riz/laz/mg1)