SEMANGAT: Ribuan lansia mengikuti senam sehat di Pantai Baru Pandansimo (ISTIMEWA)

BANTUL – Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X punya pesan khusus kepada para lansia. Saat puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (halun) tingkat DIJ ke-22 di Pantai Baru Pandansimo Minggu (6/5) raja Keraton Ngayogyokarto ini meminta lansia tidak berdiam diri di rumah. Melainkan menyibukkan diri dengan berbagai rutinitas. Seperti kegiatan sosial. Itu untuk mencegah munculnya berbagai beban pikiran.

“Kalau di dalam rumah justru mempercepat kematian,” pesan HB X kepada ribuan lansia yang memadati kawasan Pantai Baru.

Kendati begitu, lanjut HB X, lansia tak perlu ngoyo. Berbagai aktivitas kesibukan disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik. “Juga harus rutin periksa kesehatan dan menjaga pola makan,” lanjutnya.

Kiat lain yang perlu dilakukan adalah melatih kesabaran. Bagi HB X, cara ini bisa dilakukan dengan momong cucu.”Kenapa melakukan hal itu? Biar usia kita bertambah panjang,” ucap HB X yang kini berusia 72 tahun ini.

Hal senada disampaikan Bupati Bantul Suharsono. Menurutnya, pemkab memberikan banyak ruang bagi lansia untuk berolahraga. Salah satunya car freeday di Jalan Jendral Sudirman. Di sini, para lansia bebas mengikuti senam sehat yang digelar setiap Minggu pagi.

“Jangan terlalu berpikir yang berat-berat. Nikmatilah rutinitas dan keseharian masing-masing,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DIJ Untung mengungkapkan, peringatan halun kali ini mengambil tema Lansa Bahagia, Masyarakat Sejahtera. Itu bertujuan memberikan semangat agar lansia hidup lebih sejahtera, sehat, dan bermartabat. Dengan begitu, mereka menjadi lansia mandiri.

“Setidaknya mereka bisa mandiri untuk mengurus dirinya sendiri,” ungkapnya.

Untung menekankan, ada pesan lain yang disampaikan dalam peringatan halun kali ini. Yakni, terjalinnya hubungan yang harmonis antarlintas generasi. Jangan sampai generasi produktif menelantarkan lansia.

“Jangan ada pikiran bahwa lansia merupakan beban. Lansia merupakan aset kita bersama,” tegasnya. (cr2/zam/mg1)