SLEMAN – National Gathering Indoor Pushbike 2018 yang digelar di Lippo Plaza Jogjakarta Minggu (6/5) menjadi lomba dan silaturahmi penggemar sepeda tanpa pedal. Diikuti 55 pembalap pushbike usia 2-3 tahun, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan pushbike di Indonesia.

Push bike dirancang khusus untuk melatih keseimbangan anak. Sadel dibuat pendek agar kaki anak dengan mudah menapak ke tanah, sehingga potensi terjatuh tidak ada. Cara mengayuhnya pun seperti anak berjalan.

“Dengan cara ini secara tidak langsung melatih keseimbangan dan perlahan bisa mengayuh sepeda,” ujar Ketua Panitia Purnomo Putro di sela acara ini.

Dalam acara yang diadakan kali ketiga ini, cukup mengundang gelak tawa karena beberapa peserta yang masih di bawah umur rewel ketika dipersiapkan untuk balapan. Para orang tua pun cukup kerepotan ketika anaknya menangis saat berada di lintasan.

Gita, orang tua peserta asal Semarang menilai acara ini cukup seru karena bisa menjadi tempat berkumpulnya komunitas penggemar sepeda, serta bisa sebagai hiburan buat keluarga. “Lumayan bisa nambah teman sambil ngajak main anak,” ujarnya.

Lomba sepeda pushbike ini tidak hanya dilakukan di indoor, tetapi juga bisa dilakukan di luar ruangan, bahkan off road sekalipun. “Karena sepeda ini diperuntukkan bagi anak kecil maka yang diutamakan adalah keamanannya,” tambah Purnomo. (**/cr5/laz/mg1)