GUNUNGKIDUL – Kecelakaan laut kembali terjadi di Pantai Selatan Gunungkidul Jumat (4/5). Tepatnya di Pantai Krakal, Ngestirejo, Tanjungsari. Dua orang wisatawan asal Belanda tenggelam. Beruntung, nyawa dua wisatawan bernama Steven Jordan, 16, dan Jordan Ronan Van Dijkum, 16, tersebut dapat diselamatkan.

Informasi yang diperoleh, insiden tersebut terjadi sekitar pukul 10.00. Kejadian berawal saat kedua korban datang bersama dengan rombongan. Setibanya di pantai mereka menyebar. Ada yang memilih berjemur. Ada pula yang memilih mandi di laut. Nah, Steven dan Jordan waktu itu terlihat asyik menikmati deburan ombak.

Tak lama kemudian, kedua wisatawan ini terbawa arus. Menjauh dari bibir pantai. Tim SAR yang mengetahui hal tersebut langsung mengimbau melalui pengeras suara. Sayang, kedua wisatawan ini seolah tak meggubrisnya. Diduga mereka tak memahami imbauan dengan Bahasa Indonesia tersebut.

Benar saja, kedua wisatawan ini kemudian tergulung ombak besar. Semakin menuju ke tengah laut. Melihat kejadian itu, regu penyelamat langsung berlarian menuju lokasi tenggelam.

“Banyak personel tim SAR yang ikut melakukan penyelamatan,” kata seorang saksi mata Sudarjito.

Sekretaris Tim SAR Korwil II Pantai Baron Surisdiyanto mengapresiasi respons cepat regu penyelamat. Termasuk keputusan regu penyelamat melakukan evakuasi dengan perahu.

“Kedua korban tidak mengalami luka serius. Hanya terlihat syok,” tuturnya.

Surisdiyanto mengimbau wisatawan mematuhi peringatan petugas. Juga, rambu peringatan tanda bahaya. Sebab, gelombang pantai selatan membahayakan. Apalagi, belakangan ini ketinggiannya mencapai dua hingga dua setengah meter. (gun/zam/mg1)