SLEMAN – Menyambut hari jadi ke-102 Kabupaten Sleman, digelar bakti sosial di Dusun Bulaksalak, Wukirsari, Cangkringan, Sleman Jumat (4/5). Acara itu digelar Pemkab Sleman bersama Badan Zakat Nasional (Baznas) Sleman dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Sleman.

Bakti sosial tidak sekadar memberikan bantuan sembako murah. Pemkab juga memberikan bantuan berupa rehabilitasi (rehab) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Ada dua rumah yang direhab.

Kepala Desa Wukirsari Fuad Jauhari mengatakan masih ada 11 RTLH di desanya. Dia berterima kasih karena Pemkab memperbaiki dua RTLH di wilayahnya. “Kami juga telah memberikan bantuan 51 zak semen,” kata Fuad.

Koordinator Bakti Sosial Dwianta Sudibyo mengatakan dua rumah yang direhab total itu milik Sriyanto dan Yadi Wiyono. Juga diserahkan bantuan Rp 15 juta dalam tiga tahap.

Wakil Bupati (Wabup) Sleman Sri Muslimatun mengatakan aksi sosial harus dilakukan bersama-sama. “Semua ini (rehab rumah) bisa terlaksana karena semua (pegawai) ikut urunan,” kata Muslimatun.

Dikatakan, penghuni rumah harus menjaga dan merawat rumah yang akan segera berdiri. “Diopeni agar layak huni,” kata Muslimatun.

Rehab rumah ditargetkan selesai dua bulan. Bakti sosial dapat menjadi stimulan untuk mengentaskan kemiskinan. (cr4/iwa/mg1)