BANTUL – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menandatangani nota kesepahaman dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Rabu (2/5). Itu bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Juga, mewujudkan kerja sama serta koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi antara kedua belah pihak.

Penandatanganan diteken Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY Prof Dr Achmad Nurmandi.

Di sela penandatanganan, Amzulia mengungkapkan bahwa perguruan tinggi harus mampu mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi. Yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Ombudsman sangat mendukung untuk merealisasikan tri dharma perguruan tinggi baik bermitra melalui penelitian maupun kegiatan magang mahasiswa,” ujarnya.

Amzulian meyakini kerja sama ini bakal kian mempermudah antara kedua belah pihak dalam menyelenggarakan pelayanan publik. “Bermitra dengan perguruan tinggi merupakan langkah yang sangat strategis,” tambahnya.

Lebih lanjut Amzulian menuturkan, pelayanan publik terkadang bisa cepat. Terkadang juga lambat. Dampaknya, tidak sedikit yang kecewa. Dari itu, Amzulian menekankan, kehadiran Ombudsman untuk mengawasi semua lembaga pemerintahan. Sekaligus menjembatani masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan aspirasinya.

“Sehingga perlu adanya kesadaran dari seluruh pihak,” tambahnya. (obi/zam/mg1)