COLOURFULL: Karya Mulyana Mogus berjudul “Sea Remembers” ikut dipamerkan dalam pembukaan Artjog 2018 di JNM.

JOGJA – Meriah! Begitulah gambaran pembukaan Artjog 2018 di Jogja National Museum (JNM), tadi malam (4/5). Dibuka dengan sajian tarian kontemporer, menggambarkan era kegelapan menuju era baru yang lebih cerah. Hal itu sesuai dengan tema yang diusung Artjog tahun ini, Enlightmen.

Artjog dikenal sebagai even yang mempertemukan berbagai multidisiplin seni. Di dalamnya dipertemukan seni rupa yang akan berkolaborasi dengan disiplin seni lainnya. Asisten Keistimewaan Setda Pemprov DIJ Didik Purwadi yang mewakili Gubernur HB X, menyampaikan sambutan dalam pembukaan Artjog 2018.

Dalam sambutannya ia mengapresiasi kerja para seniman yang mampu menciptakan event seni skala internasional ini. Menurutnya, seni sudah menjadi bagian penting dari manusia, di mana ada seni di situ ada manusia.

Selain itu, seiring berjalannya waktu peran seni mengalami perubahan dan semakin berkembang. “Budaya berganti, selera perseorangan berubah, artinya perjalanan kehidupan manusia dihiasi berbagai seni,” tutur Didik.

Dikatakan, seni itu panjang, perjalanan kehidupan yang pendek. Memang, ungkapan itu pantas disematkan pada seniman yang menggagas Artjog 2018 ini. Sehingga ia berharap ke depan seniman di Jogja dapat terus berkarya. “Seniman sebenarnya adalah orang yang sedang berdakwah,” pujinya.

Turut hadir dan membuka Artjog 2018, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan Artjog yang sudah masuk tahun ke-11. “Artjog kali ini semakin baik dan teratur,” katanya.

Ia memuji pagelaran Artjog yang bertempat di JNM. Menurutnya, seluruh wilayah Indonesia ingin memiliki tempat seperti JNM agar dapat menyelenggarakan even kesenian atau pameran yang representatif.

Baginya, Artjog 2018 ini dapat disejajarkan dengan even internasional. “Tidak kalah dengan yang di luar negeri,” bebernya. Ia berharap even tahunan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga DIJ. Selain itu, dengan acara Artjog dapat menstimulasi even kesenian lain di area Jogja dan sekitarnya. (cr4/cr6/laz/mg1)