PURWOREJO-Perbuatan Arif ini sungguh tidak arif. Warga Diponayan, Kebungunung, Loano, Purworejo ini menyatroni rumah tetangganya dan menggondol tiga telepon seluler. Hasil penjualan ponsel-ponsel ini dia gunakan untuk berfoya-foya di karaoke di Jogja.

Arif Kurniawan nekat meloncat ke dalam rumah Agung Prastowo tetangganya dan mantan juragannya lewat tembok WC. Setelah masuk di rumah pedagang pasar ini, Arif menggondol ponsel Nokia, Maxtron c15, dan Samsung Galaxy V.”Saya tidak punya dendam apa-apa dengan Pak Agung,” katanya enteng di hadapan pada wartawan, Jumat (4/5).

Ya, bekerja sekitar satu tahu membantu mempersiapkan kebutuhan untuk dijual di pasar, Arif sangat hafal kondisi rumah korbannya. Secara matang dia pun mengaku telah mempersiapkan tindakannya.”Karena rumah dalam kondisi kosong di atas jam 02.00,”jelas Kasat Reskrim Polres Purworejo AKP Kholid Mawardi.

Berhasil masuk lewat WC, pelaku
leluasa masuk ke dalam rumah melalui jendela yang tidak terkunci. Selain tiga ponsel, pelaku juga mengambil sebuah dompet warna putih yang berisi 3 buah gelang emas lengkap
dengan suratnya.”Lewat jalan yang sama, pelaku pulang ke rumah yang jaraknya hanya 20 meter,” tambah Kholid.

Dari tangan pelaku, polisi hanya bisa menyita sebuah handphone merk Nokia dan 3 buah kardus handphone. Dua handphone dan gelang emas telah dijual. Pelaku disangkakan telah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan seperti dalam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (udi/din/mg1)