MAGELANG – Berkendara di jalurnya, ternyata tak menjamin keamanan bagi dua orang pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Bambang Soegeng, Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Nahas bagi Suharto, 69, warga Kempulan RT 03/05 Senden, Mungkid, Kabupaten Magelang dan Ari Robiansyah, 32, warga Timuran III/112 Brontokusuman, Mergangsan, Jogja. Keduanya meninggal akibat luka di kepala karena tersambar truk kontainer Hino warna hijau dengan nopol H 1252 AW yang dikemudikan oleh Nuryadi, 28, warga Semarang.

Itu setelah truk melompati devider atau pembatas Jalan Raya Magelang-Jogja sekitar pukul 14.30, Kamis (3/5). Tepatnya di depan Kuliner PKL Mertoyudan atau Toko Mebel Modern.

“Ada truk menghindari sebuah sepeda motor dan membanting ke arah kanan namun melewati pembatas jalan. Pada saat itu terdengar suara keras dan truk nabrak mobil serta dua sepeda motor dan menyeretnya hingga berhenti,” kata saksi mata Supriyadi, 52, kemarin.

Lelaki yang kesehariannya membuka tambal ban tersebut mengaku melihat kejadian dengan jelas karena kondisi masih siang. Setelah melintasi pembatas jalan, truk bermuatan mebel tersebut sempat menabrak mobil Toyota Terios sebelum akhirnya menabrak dua pengendara motor. Truk bahkan juga menyeret pohon yang tumbuh di pembatas jalan.

“Terios yang tertabrak bagian belakangnya sempat berputar, kemudian melanjutkan perjalanan,” tuturnya.

Supriyadi mengatakan, awalnya dia tidak tahu kalau truk kontainer menabrak dan melindas pengendara sepeda motor. “Setelah saya datangi tempat kejadian, ternyata ada pengendara dua motor yang terlindas di bawahnya,” ujarnya.

Saksi mata lainnya yang enggan disebutkan namanya mengaku pada saat kejadian dirinya sedang berada persis di depan tempat kejadian. Karyawan mebel modern tersebut melihat dengan jelas ketika truk menyambar dua pengendara sepeda motor.

“Pada saat itu ada mobil yang ditabrak, namun tidak parah. Kemudian ada juga pengendara sepeda motor lagi yang selamat karena masuk ke dalam area depan toko kami, sehingga tidak tertabrak,” ungkap saksi tersebut.

Kasatlantas Polres Magelang AKP Setyo Budi Waspada didampingi Kanit Laka Ipda Bima Alief Caesar Gumilang membenarkan kejadian tersebut. Kecelakaan melibatkan mobil Hino, dua sepeda motor, yakni Honda Beat warna hitam Nopol AA 2321 QG, dan SPM Honda Supra warna hitam Nopol AB 4190 IZ. “Korban meninggal di tempat,” jelas Waspada, sapaannya.

Berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan polisi, kecelakaan bermula ketika truk kontainer dari arah Jogja menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang itu menghindari motor. Sopir yang kaget kemudian membanting ke arah kanan. Sehingga truk menabrak pembatas jalan dan melompat ke arah jalur yang berbeda.

“Dikarenakan supir tidak bisa mengendalikan kendaraan, maka truk langsung menabrak dua sepeda motor dari sisi yang berlawanan,” ujarnya.

Kanit Laka Ipda Bima menuturkan, kedua korban langsung dibawa ke RSUD Tidar Kota Magelang untuk diotopsi.”Pihak keluarga juga sudah kami hubungi. Saat ini kami masih mendalami penyebab kejadian,” tegasnya.

Sementara itu, proses evakuasi truk memakan waktu sekitar tiga jam.Akibatnya kemacetan panjang terjadi. Pihak Polres Magelang sempat meminta bantuan Pemadam Kebakaran Pemkab Magelang untuk membersihkan sisa-sisa kecelakaan. (dem/ila/mg1)