JOGJA- Upacara penutupan TMMD Reguler Ke-101 Kodim 0734/Jogjakarta Kamis (3/5) menjadi momen istimewa sekaligus tak terlupakan bagi sepuluh wanita tangguh ini. Bagaimana tidak, semangat perempuan-perempuan ini dalam bekerja sebagai tulang punggung keluarga berhasil mengantarkan mereka terpilih sebagai anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) pilihan. Mengalahkan anggota Linmas kalangan pria.

Mereka ditunjuk untuk mewakili penyerahan alat peralatan kerja dalam penutupan TMMD Reguler di lapangan depan Balai Kota Jogja. Di antara mereka adalah Surtini. Baginya, momen ini sebagai peristiwa langka sekaligus mengharukan.”Bisa mewakili duduk di depan dengan para tamu undangan penting. Juga bersama anggota TNI dan Polri,” ucap Surtini.

Perempuan kelahiran 42 tahun lalu ini dikenal sebagai sosok tangguh. Tak kenal lelah untuk bekerja. Guna mencukupi kebutuhannya sehari-hari, Surtini memiliki seabrek kesibukan. Mulai berjualan pisang, kapuk untuk bahan bantal, hingga tukang pijit.

Bahkan, kesibukannya kini bertambah. Seiring posisi Surtini sebagai anggota Linmas di Kecamatan Umbulharjo. Tak jarang Surtini menghadiri berbagai kegiatan di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Kendati begitu, Surtini tak merasa terbebani.

“Untuk pengabdian tidak ada kata lelah,” ucapnya penuh semangat. (yog/zam/mg1)