Dalam undian tersebut, PSIM Jogja dijadwalkan bertemu dengan tim Liga 3 Jawa Tengah Persitema. Sementara PSS bertemu PSD Demak. Lalu Gama FC akan bentrok dengan Persibara. Sedangkan PS Tira akan bertemu dengan sesama tim Bantul, Persiba. Masing-masing tim menanggapi berbeda hasil undian tersebut.

Manajer PSS Sismantoro, belum banyak berkomentar terkait hal tersebut. Timnya mengaku lebih dulu fokus pada lawatan ke Gresik. Selain itu, target timnya juga lebih condong ke kompetisi Liga 2. PSS sempat mencapai semifinal Piala Indonesia seri 2005 sebelum dihentikan Arema dengan agregat 5-0. “Kami fokus ke Liga 2, pemain di Piala Indonesia disiapkan Danilo Fernando,” ungkapnya.

Manajer PSIM Erwan Hendarwanto mengaku siap menjalani pertandingan tersebut. Sebab hal itu telah menjadi ketentuan. Namun, seperti juga PSS, PSIM juga memprioritaskan kompetisi Liga 2 sebagai fokus utama. “Kalau target akan kami bahas dengan manajemen,” tuturnya.

Manajer Gama FC Ardianto Baskoro berharap bisa melewati hadangan Persibara dan melaju ke babak selanjutnya. Pihaknya bersyukur hanya bertemu dengan tim Liga 3 dan bukan tim Liga 1 atau Liga 2. “Tim lain mungkin lebih siap, tapi kami sudah rutin berlatih dua kali sepakan. Kami akan semaksimal mungkin dalam setiap pertandingan. Tidak akan muluk-muluk karena fokus kami lebih ke pembinaan pemain,” tuturnya.

Gama FC saat ini berkekuatan 20 pemain muda yang akan disiapkan untuk kompetisi Liga 3 regional DIJ. Musim lalu, Gama lolos ke putaran nasional Liga 3 setelah menjadi runner-up di bawah Satria Adikarta, Kulonprogo.

Ketua Organizing Committee (OC) Piala Indonesia Iwan Budianto menjelaskan, Piala Indonesia 2018 melibatkan 128 peserta terdiri atas 18 klub Liga 1, 24 klub Liga 2 dan 86 klub Liga 3. Tim-tim ini tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara.

Untuk memudahkan perjalanan maupun akomodasi tim, PSSI membagi 16 zona berdasarkan wilayahnya. Masing-masing zona diisi tim-tim Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Namun, dari 16 zona ini ada juga yang tidak ada tim Liga 1 dan ada pula yang diisi dua tim liga 1.

Dengan 128 peserta Piala Indonesia akan dibagi dalam babak 127 besar atau round 1, babak 64 besar (round 2), babak 32 besar (round 3), babak 16 besar (round 4), babak delapan besar (perempat final), babak empat besar (semifinal) dan final. Untuk round 1 dan round 2 sistemnya single match (satu pertandingan).

Tuan rumah dari pertandingan ini adalah klub yang statusnya lebih rendah. Sistem pertandingan home and away mulai diterapkan di babak 32 besar atau round 3 sampai final.

Pada pelaksanaan Piala Indonesia 2018, mulai round 1 sampai round 3 penentuan lawan akan diundi. Untuk round 1, tim Liga 1 atau Liga 2 dipastikan akan mendapatkan lawan dari tim Liga 3. Namun, tim Liga 3 juga punya peluang untuk menghadapi sesama tim Liga 3. Setelah round 1 selesai, round 2 di masing-masing zona kembali diundi dan demikian seterusnya sampai round 3.”Pengundian penentuan lawan ini dilakukan agar masing-masing tim punya peluang yang sama,” jelas Iwan. (din/mg1)