Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) menjadi kampus paling populer di eks Karesidenan Kedu berdasarkan penilaian dari 4 International Colleges University (4ICU). Dari keseluruhan kampus di Indonesia, UMP ada di peringkat ke-86, sementara untuk Jawa Tengah di posisi ke-14.

Rektor UMP Supriyono mengatakan, penilaian yang dilakukan oleh 4ICU itu meliputi empat komponen yakni Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.

“Setidaknya penilaian ini dilakukan terhadap 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi,” kata Supriyono. Dijelaskan, hasil penilaian itu disampaikan melalui pengumuman resmi yang diterima pihak kampus pekan lalu. Pihaknya mengaku bangga akan capaian yang diperoleh kampusnya.

Lebih lanjut disampaikan, peringkat ke-86 dari jumlah kompetitor yang cukup banyak merupakan apresiasi yang membanggakan bagi UMP. Peningkatan rangking signifikan mengingat pada tahun-tahun sebelumnya UMP berada pada peringkat lebih dari 100. “Posisi ini jelas lebih baik dibandingkan sebelumnya di mana kita masih di posisi 100 lebih,” tambah Supriyono.

Dari penilaian itu menunjukkan masyarakat memberikan pengakuan terhadap UMP dalam mengemban perannya di dunia pendidikan, khususnya di Purworejo. Atas capaian yang ada, phaknya akan berusaha meningkatkan berbagai konten yang ada di website. “Dari tingkat kunjungan yang ada, paling banyak adalah jurnal internal dosen,” kata Supriyono. (udi/laz/mg1)