SLEMAN- Cristian Gonzales sudah membuktikan bisa mencetak gol bersama PSS dalam debutnya. Sebiji gol dilesakkan untuk membantu Super Elang Jawa menaklukan Mojokerto Putra 3-1. Sebiji gol lagi dia cetak saat PSS takluk dari tamunya Madura FC, Rabu (2/5).

Pertanyaan selanjutnya, apakah pemain 41 tahun itu mampu jika dimainkan full sepanjang pertandingan ? Dalam debutnya, El Loco masuk di menit 78 menggantikan I Made Wirahadi. Pelatih PSS Sleman Herri Kiswanto mengatakan, semua sudah tahu hebatnya teknik dan pengalaman Gonzales tak diragukan lagi. Hanya staminanya saja yang perlu ditingkatkan.”Tapi sepekan setelah laga pertama kemarin sampai saat ini fisik dan staminanya sudah meningkat lebih baik dibanding sebelumnya,” jelasnya.

Meski begitu, juru taktik asal Bandung ini belum bisa memastikan apakah Gonzales akan siap diturunkan sejak menit awal pertandingan atau seperti laga perdana yang baru turun di pertengahan babak kedua. Sebab hal itu juga tergantung kebugaran suami Eva Nurida Siregar itu. “Proses adaptasinya sangat cepat dan setiap pemain harus bisa menyatu termasuk El Loco,” paparnya.

Ditanyakan terkait kondisi fisik eks Persik Kediri dan Persib Bandung itu, Pelatih Fisik PSS Komarudin menilai, kebugaran mantan striker timnas Indonesia itu sudah jauh lebih baik. Ketimbang saat awal datang ke PSS. Mengingat ketika itu, El Loco sedikit bermain di klub sebelumnya Madura United. “Kondisi fisik Gonzales berdasarkan pengamatan saya sudah lebih baik. Hanya untuk pastinya memang tetap harus melalui tes dan pengukuran dan itu belum mungkin dilakukan sekarang,” kata Komarudin.

Menurut pria yang pernah menjadi pelatih fisik Timnas Indonesia U-19 itu, seorang pemain sepakbola bisa saja bermain full dengan kondisi fisik belum optimal asal pemain tersebut bisa bermain secara efektif dan efisien. “Berat badan Gonzales masih masuk kategori ideal. Tapi memang tetap akan saya progres untuk mengurangi lemaknya dengan menambah masa ototnya. Waktunya sekitar sebulan,” tuturnya. (riz/din/mg1)