MAGELANG-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang memasuki usianya yang ke 39 tahun. BUMD tersebut diharapkan terus berkembang dan terus maju, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Termasuk tentu saja menciptakan inovasi.

“Saya mendorong PDAM untuk bisa mengembangkan inovasi berupa air siap minum di wilayah Kota Magelang,” pinta Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, usai memimpin apel pagi dalam rangka HUT ke-39 PDAM Kota Magelang, Rabu (2/5).

Windarti berpesan agar PDAM juga makin reponsif dan antisipatif terhadap kebutuhan masyarakat. Khususunya saat menghadapi musim kemarau yang rutin terjadi tiap tahun. “Periksa secara berkala, baik instalasi maupun gangguan kebocoran pipa. Ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” katanya.

Soal raihan prestasi berupa Perpamsi Award 2017, politisi PDIP tersebut mengharap tidak membuat perusahaan daerah ini lengah. PDAM diminta terus meningkatkan inovasi dan kontribusi terhadap pembangunan daerah berkelanjutan. “Penghargaan yang diraih hendaknya jadi pemicu dan pemacu untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” ujarnya.

Windarti juga meminta masyarakat bisa cerdas dan bijak dalam menggunakan air bersih. Agar kebutuhan pokok ini bisa bermanfaat dan berguna secara merata bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu diberikan penghargaan kepada empat pelanggan terpeduli dan rutin melaporkan kerusakan atau kebocoran pada Desember 2017-April 2018. Penghargaan juga diberikan kepada lima pelanggan yang rutin membayar rekening air setiap awal bulan. Termasuk beasiswa kepada 12 pemenang lomba prestasi siswa. “Beasiswa rutin kami berikan kepada putra-putri karyawan PDAM yang berprestasi, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun PDAM Kota Magelang,” kata Direktur PDAM Kota Magelang Muharyo Soebroto.

Haryo menambahkan, pihaknya menyelenggarakan sejumlah kegiatan dalam meramaikan HUT tahun ini. Diantaranya khataman Al Quran yang diikuti oleh karyawan PDAM dan sejumlah lomba lainnya. (dem/din/mg1)