PURWOREJO-Pendidikan budi pekerti menjadi sebuah keharusan di zaman now. Pola-pola pendidikan dengan menitikberatkan pembentukan karakter anak menjadi sebuah jawaban semakin minimnya keteladanan di negeri ini. “Sekolah harus menjadi tempat menggembleng kedisiplinan dan mentalitas siswa yang pro dengan kemajuan,” kata Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Luhur Pambudi, Rabu (2/5).

Dikatakan Luhur, keinginan untuk mewujudkan itu bukan sekadar isapan jempol. Bahkan PDIP mendorong pelaksanaan politik pendidikan guna mewujudkan pendidikan untuk semua lapisan masyarakat sebagai upaya pencerdasan bangsa.”Sekolah harus mampu melahirkan manusia yang memiliki rasanasionalisme tinggi tanpa mengabaikan pada kebudayaan bangsa,” imbuh Luhur.

Luhur Pambudi juga menyinggung tentang upayanya terus memperjuangkan alokasi pendidikan dalam APBD Kabupaten Purworejo. Ketersediaan yang memadai diharapkan akan mendukung kemunculan inovasi-inovasi di bidang pendidikan.

Dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat Kabupaten Purworejo yang dipusatkan di Alun-Alun Purworejo, sejumlah siswa menerima medali dari bupati. Mereka telah prestasi di berbagai ajang tingkat Jawa Tengah. (udi/din/mg1)