STRATEGI DESA PRIMA: Ketua Wahana Pembelajaran Pertanian Terpadu Joglo Tani TO. Suprapto berbagi pengalaman membangun kemandirian melalui sektor pangan.

Kepala Desa Sidoarum Ganelo Sugiartono mendukung penuh program Desa Prima. Alasannya, lewat program itu hendak memberdayakan sekaligus mewujudkan kemandirian ekonomi perempuan.

Menurut dia, upaya pengentasan kemiskinan harus melalui berbagai aspek. Strateginya harus dikeroyok lewat berbagai program dan kegiatan. Harapannya warga sasaran program dapat keluar dari status miskin dan rentan miskin.

“Pelatihan Desa Prima akan membuat ibu-ibu menjadi mandiri. Ilmu yang didapatkan bisa diterapkan secara bertahap,” ucapnya di sela Inisiasi Desa Prima di gedung PKK Desa Sidoarum pada Rabu (18/4).

Potensi desa yang dipimpinnya cukup beraneka macam. Di antaranya ada usaha camilan. Meski masih dalam skala kecil, namun kegiatan itu mampu menopang ekonomi rumah tangga.

Pemdes Sidoarum juga memiliki program pemberdayaan masyarakat. Salah satunya adalah Sekolah Sabtu. Warga, lanjutnya diberikan pendampingan oleh perangkat desa dan pengusaha lintas sektor.

Dia berharap ada sinergi antara program pemerintah provinsi, kabupaten dan desa. Lewat Sekolah Sabtu dia juga mengajak swasta turut serta mengembangkan potensi desa. (dwi/kus/mg1)