KULONPROGO – Sejumlah orang melakukan perusakan terhadap barang milik PT Angkasa Pura (AP) I. Akibat perusakan spanduk, baner dan sejumlah fasilitas di area Izin Penetapan Lokasi (IPL) New Yogyakarta International Airport (NYIA) tersebut AP I mengalami kerugian Rp 1,3 juta.

Agar peristiwa tersebut tidak terulang, AP I melaporkan perusakan itu ke Polres Kulonprogo. Pelaporan dilakukan Jumat (27/4) lalu.

Project Manager Pembangunan NYIA Sujiastono mengatakan bertindak sebagai pelapor Wisnu Waskito (Karyawan AP I). Laporan diterima PS Kanit 3 SPKT Polres Kulonprogo Aiptu Rukani.

Dalam laporan polisi itu disebutkan, sekitar pukul 10.37 pada Jumat (27/4) terjadi aksi perusakan di lokasi pembangunan NYIA. “Perusakan sudah beberapa kali terjadi, baik perusakan spanduk, baner dan lain-lain,” kata Sujiastono Selasa (1/5).

Dia menilai perusakan itu merupakan pelanggaran hukum. “Kami berharap agar tidak ada lagi perusakan di dalam IPL,” kata Sujiastono.

Kasatreskrim Polres Kulonprogo AKP Dicky Hermansyah mengatakan pihaknya masih melakukan pemeriksaan awal. Sekaligus melengkapi berkas-berkas administrasi.

“Kami sudah mintai keterangan pelapor. Kami juga sudah periksa dua orang saksi,” kata Dicky.

Kapolres Kulonprogo AKBP Anggara Nasution mengatakan pihaknya mendorong pemerintah dan masyarakat berdialog. Guna mencari solusi terkait polemik pembangunan bandara.

“Tugas kami adalah mengawal dan mengamankan,” kata Anggara. (tom/iwa/mg1)