SLEMAN – Aliansi Masyarakat Anti Anarkis (AMAN) melakukan aksi damai di depan Mapolda DIJ Rabu (2/5) sore. Mereka memprotes aksi anarkitis dalam demonstrasi Hari Buruh di Pertigaan UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta Selasa (1/5).

AMAN mengecam kelakuan demonstran yang dinilai anarkistis. “Aksi anarkis kemarin telah menyakiti warga Jogja. Kami berharap pihak kepolisian mengusut tuntas,” tegas juru bicara AMAN Agung Budyawan.

Demonstrasi Hari Buruh yang berakhir ricuh itu menyebabkan sejumlah kerusakan. Rambu lalu lintas dirusak. Pos polisi dibakar.

AMAN juga meminta pihak-pihak yang telah melakukan kerusuhan untuk tidak melakukan aksi anarkistis lagi. “Kami akan menggunakan cara kami sendiri jika ada kerusuhan lagi,” ujar Agung.

Dalam kerusuhan yang melibatkan beberapa elemen mahasiswa ini, Polda DIJ telah menetapkan tiga tersangka. Polda DIJ siap mengusut tuntas kasus ini.

“Kalau pelaku sudah bisa dipastikan maka akan kami hukum sebagaimana mestinya,” ujar Kapolda DIJ Brigjen Pol Ahmad Dofiri. (cr5)