JOGJA – Pesatnya perkembangan dan minat profesi bartender di hotel membuat The Rich Jogja Hotel menyelenggarakan lomba bartender se-DIJ di Lavender Lounge The Rich Jogja Hotel, Minggu (29/4). Mengusung tema “Sense the Sensual Vibe” acara ini mampu menyedot perhatian 24 bartender dari hotel di DIJ dan masyarakat umum.

Manager Bar and Lounge The Rich Eko Septiawan mengakui, lomba bartender ini merupakan gelaran perdana yang diadakan The Rich. Dengan adanya acara ini, ia ingin agar kualitas bartender di DIJ semakin baik.

Baginya bartender merupakan profesi yang unik. Profesi ini menuntut mereka tidak hanya sekadar dapat membuat minuman, namun juga dapat menyajikan hiburan kepada para pengunjung saat meracik minuman. “Bartender merupakan seni meracik minuman,” tegasnya.

Dalam lomba ini masing-masing peserta diberikan waktu 5 menit untuk unjuk kebolehan dalam meracik minuman. Ada beberapa kriteria khusus yang menjadi bahan pertimbangan juri.

“Flair performance, variasi, tingkat kreativitas, tingkat kesulitan dan kelancaran menjadi poin penilaian,” jelas Eko. Tidak hanya itu, penilaian juga berdasarkan bagaimana cara bartender itu mengemas aksinya sehingga menjadi satu pertunjukan yang menarik.

Memang pada awalnya profesi ini diciptakan dengan tujuan dapat menghibur pengunjung kafe atau club. Sehingga poin entertainment menjadi sangat penting. “Biar pengunjung tidak bosan,” kata Eko.

Kompetisi bartender ini menggunakan format dua sesi. Untuk yang pertama diadakan kualifikasi untuk kemudian mereka yang lolos ditarungkan lagi pada final. Saat babak final, peserta diwajibkan mengikuti kuis tentang pengetahuan profesi yang dijalaninya.

Eko melanjutkan, bukan hanya bartender laki-laki saja yang mengikuti kompetisi ini. Ada juga bartender perempuan yang turut hadir dan mengikuti. “Semua yang belum pernah juara kompetisi nasional sebenarnya boleh ikut,” tambahnya.

Ia berharap dengan kompetisi ini dapat menelurkan bakat-bakat baru di bidang bartender. Sehingga profesi ini semakin mendunia dan banyak dilirik masyarakat seperti halnya profesi barista. (cr4/laz/mg1)