GUNUNGKIDUL –Di bawah umur, dalam pengaruh alkohol, mengoperasikan gawai, atau tidak menggunakan helm. Juga, melawan arus atau melebihi batas kecepatan. Itulah beberapa perilaku pengendara yang bakal dirazia saat Operasi Patuh Progo 2018.

“Tujuannya untuk meningkatkan keselamatan dan meminimalisasi korban kecelakaan lalu lintas,” jelas Wakapolres Gunungkidul Kompol Verena Sri Wahyuningsih usai Gelar Operasi Patuh Progo 2018 di Mapolres Gunungkidul, Kamis (26/4). Operasi Patuh Progo digelar selama 14 hari. Tepatnya mulai 26 April hingga 9 Mei.

Ada 145 personel yang diterjunkan. Kepada mereka, Verena berpesan agar mematuhi standart operational procedure. Juga, menghindari praktik pungutan liar. Itu untuk mengantisipasi berbagai keluhan masyarakat.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko menegaskan, operasi patuh merupakan cara penegakan hukum. Salah satu sasarannya adalah pengendara di bawah umur. Sebab, pengendara di bawah umur merupakan penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas.

“Kami juga kontinyu memberikan sosialisasi kepada mereka,” tuturnya.

Terkait peran orang tua, bekas kasat lantas Polres Bantul ini melihat, sangat vital. Seharusnya, setiap orang tua aktif mendorong keselamatan anak-anak mereka. Caranya dengan tidak mengizinkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor.

“Bisa dengan menggunakan transportasi aktif. Contohnya sepeda ontel,” ujarnya.

Pada bagian lain, Kapolda DIJ Brigjen Polisi Ahmad Difiri menyebutkan, ada seribu personel yang diterjunkan selama Operasi Patuh Progo. Itu meliputi 225 personel Polda DIJ, 170 Polresta Jogja, dan 155 Polres Bantul. Plus Polres Kulonprogo dan Gunungkidul masing-masing 140 personel.

“Operasi ini mengawali operasi ketupat sebelum Ramadan,” katanya.

Sementara itu, Wadir Lantas Polda DIJ AKBP Yugonarko menyebutkan, pelanggaran lalu lintas tidak hanya didominasi pengendara usia produktif. Melainkan juga anak di bawah umur yang notabene masih berstatus sebagai pelajar.

“Pelanggaran tidak hanya berpotensi membahayakan diri sendiri, tapi juga pengendara lainnya,” ungkapnya.(gun/dwi/zam/mg1)