JOGJA – Peran orang tua mengembangkan potensi anak sangatlah penting. Salah satunya melalui pendekatan intens dan menjadi role model untuk anak.

Demikian disampaikan Psikolog RS JIH Analisa Widyaningrum. Dia mengatakan hal tersebut dalam seminar parenting di Masjid Syuhada kemarin.

“Melalui pendekatan intens ini orang tua akan mudah mengetahui potensi anaknya. Mendampingi tumbuh kembang anak dan menanamkan pilar penting pengasuhan atau parenting,” ujarnya di hadapan ratusan orang tua yang hadir.

Analisa mengatakan orang tua saat ini harus melek teknologi. Harus menjadi orang tua zaman now yang bisa mengikuti perkembangan anak melalui teknologi yang mengambil banyak perhatian anak.

“Zaman sekarang anak tidak bisa lepas dari gadget dan teknologi. Sebagai orang tua kita tidak bisa melarang tapi harus mengajarkan mereka memanfaatkan teknologi dengan baik,” kata Analisa.

Para orang tua harus bisa mengikuti kemajuan teknologi seperti anak-anak mereka. Di samping itu, orang tua dapat menambah informasi terkait metode pengasuhan atau pendampingan yang banyak tersedia di YouTube. Orang tua dapat menerapkan metode VICR (Vision, Ideology, Consequence, and Responsibilty).

Orang tua harus tahu anaknya mempunyai cita-cita dan keinginan seperti apa. Kemudian orang tua mendampingi anak untuk mencapai mimpi tersebut.

Ideologi menjadi modal penting anak mempunyai moral dalam kehidupan sosial, agama, dan budaya. Sang anak harus diberi pengertian apa akibat atau konsekuensinya ketika mereka membuat kesalahan.

Responsibility, orang tua harus mengajarkan anak bertanggung jawab dengan apa yang menjadi tugas dan pilihannya. Baik di sekolah maupun di rumah,” kata Analisa.

Ketua Komite SD Masjid Syuhada Titis Sari Swaningtyas mengatakan tujuan seminar ini untuk memberi wawasan orang tua dalam pengasuhan anak zaman now. Selain seminar, juga digelar Market Day melibatkan murid yang menjual dagangan hasil kreasi sendiri baik makanan maupun kerajinan tangan. (ita/iwa/mg1)