BANTUL – Bertepatan dengan Hari Kartini, Accor Hotels Jogjakarta yang terdiri dari Phoenix Jogjakarta, Grand Mercure, Ibis Jogjakarta Adisucipto, Novotel Jogjakarta, Ibis Malioboro, dan Ibis Styles Jogjakarta mengadakan kegiatan Planet 21.

Kegiatan ini diadakan bersama masyarakat dari Desa Wisata Candran, Kebonagung, Imogiri, Bantul. Kegiatan yang bertajuk “Every Ecogestures Counts” ini terdiri dari pemeriksaan kesehatan gratis bagi kurang lebih 100 lansia, lomba memasak dengan bahan baku pisang yang diikutin oleh ibu rumah tangga, serta demo masak oleh chef Surat dari Ibis Styles Jogjakarta.

Menggunakan bahan baku pisang, sebagai salah satu karakter dari Desa Candran, para ibu rumah tangga berkreasi menghasilkan berbagai macam masakan yang tentunya lezat. Juri bertugas dalam lomba tersebut adalah para chef dari AccorHotels di Jogjakarta. Makanan yang terpilih sebagai pemenang adalah kripik pisang yang ditambahkan madu. Diharapkan, makanan ini bisa dikembangkan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat, sekaligus oleh-oleh khas dari desa wisata yang dibina oleh Accor sejak 2013 ini.

Acara kemudian ditutup dengan demo masak dengan bahan baku pisang. Tujuannya dari demo ini adalah memberikan inspirasi dan edukasi pada masyarakat mengenai cara mengelola pisang untuk menjadi berbagai makanan. Seluruh rangkaian yang diikuti dengan antusias oleh semua masyarakat dari desa Candran.

Planet 21 merupakan komitmen dari AccorHotels pada lingkungan yang diperingati setiap tanggal 21 April. Bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia, kegiatan Planet 21 tahun ini Accor Hotels mengambil tema “Every Eco Gestures Counts” untuk mengaplikasikan tindakan peduli lingkungan melalui hal-hal sederhana yang berkaitan dengan profesi sebagai hotelier, agar dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat di Desa Candran. (sce/ila/mg1)