JOGJA – Empat petahana anggota DPD RI asal DIJ memastikan untuk kembali meramaikan panggung politik pada 2019 mendatang. Tiga dari empat senator petahana telah memasukkan berkas dukungan di kantor KPU DIJ Rabu (25/4). Mereka adalah Afnan Hadikusumo, GKR Hemas, dan Hafidh Asrom.

Sedangkan Cholid Mahmud berencana mengumpulkan berkas dukungan hari ini (26/4).

Afnan menjadi petahana pertama yang menyerahkan berkas tersebut. Dia mengumpulkan 4.502 data pendukung sesuai e-KTP yang selanjutnya diunggah keSistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

“Sebenarnya kami telah kumpulkan 30 ribu dukungan. Tapi setelah konsultasi ke KPU DIJ, diminta jangan semuanya,” ujar Saleh Tjan, anggota tim pemenangan Afnan.

Tak berselang lama giliran rombongan Hilmy Muhammad hadir di KPU DIJ. Jika Afnan mengklaim didukung ormas Muhammadiyah, tidak demikian dengan Hilmy Muhammad. Wajah baru bakal calon senator itu mengaku mendapatsurattugas dari Pimpinan Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) DIJ.Berikut 5.115 data e-KTP sebagai dukungan.

Sehari sebelumnya, KPU DIJ menerima berkas dari tiga bakal calon senator lain. Mereka adalah Ismarindayani Priyani, Fidelis Indriarto Diponegoro, dan Yohanes Widi Praptomo. Mereka menyusul Bambang Soepijanto dan Gandung Pardiman yang memasukan berkas dukungan pada Minggu (23/4).

Ketua KPU DIJ Hamdan Kurniawan mengatakan, penyerahan berkas dukungan bakal calon anggota DPD hari ini dibukan hingga pukul 24.00. Sejauh ini total ada 16 nama mengunggah berkas dukungan.(pra/yog/mg1)