BANTUL – Dua pebalap asal DIJ, masuk dalam 5 besar kejuaraan Indonesian Downhill 76 di Bukit Hijau Park, Imogiri Bantul, Minggu (22/4). Keduanya yang berasal dari tim Sari Gaplek ISSI Gunungkidul yakni Ayu Suciani dan Reno Satria. Bahkan nama terkahir menjadi yang terbaik di kelas Men Junior (2000-2001). Sedangkan Ayu meraih posisi kelima di nomor Women Open.

Di kelas bergengsi Men Elite A, Yadi Mulyadi dari tim Gopad menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 36, 194 detik. Diikuti Yoga Nugraha dari Spartan Racing di tempat kedua dengan satu menit 40, 773 detik. Kemudian di tempat ketiga, Afrizal Brasco juga dari Spartan Racing dengan torehan satu menit 43, 348 detik.

Humas Indonesian Downhill Satria Wibawa mengatakan, Bantul sebagai tuan rumah pembuka kejuaraan downhill setelah melihat adanya potensi besar trek di wilayah Imogiri tersebut. Yakni trek di pegunungan vulkanis dan bukit batu.” Letaknya juga strategis dan mudah dijangkau sehingga pas digunakan untuk venue even ini,” tuturnya.

Menurutnya meski terbilang baru, namun trek Bukit Hijau punya kelebihan tersendiri. Di samping memenuhi standar internasional untuk trek downhill, yaitu 1,4 kilometer, trek Bukit Hijau memiliki elevasi hingga 198 meter dan memiliki waktu tempuh lebih dari 2 menit. “Lintasan juga memiliki kontur menantang berupa trek tanah liat. Dengan kondisi cuaca DIJ yang beberapa kali diguyur hujan, tentu trek yang ada akan semakin seru,” imbuhnya.

Ketua Pengda ISSI DIJ Wawan Harmawan berharap even ini memberikan imbas positif bagi iklim olahraga sepeda di DIJ. Sehingga olahraga sepeda khususnya downhill bisa semakin dikenal di Jogjakarta. “Kami juga berharap semakin menggairahkan olahraga downhill dan terus memunculkan atlet-atlet potensial dari DIJ,” harapnya. (riz/din/mg1)