JOGJA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat DIJ menargetkan dalam Pemilu 2019 nanti bisa membentuk satu fraksi di DPRD DIJ maupun kabupaten dan kota. Langkah awal dimulai dengan melakukan pendaftaran bakan calon legislatif (Bacaleg) yang akan maju melalui Partai Demokrat.

“Target kami paling tidak satu fraksi di DPRD tingkat satu dan tingkat dua,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat DIJ Heri Sebayang dalam jumpa pers di kantor DPD Partai Demokrat selasa (24/4). Untuk bisa membentuk satu Fraksi sendiri di DPRD minimal mengantongi lima kursi anggota DPRD.

Heri mengatakan ingin mengembalikan kejayaan Partai Demokrat seperti dalam Pemilu 2009 lalu. Saat itu di DPRD DIJ saja bisa menempatkan 10 kadernya menjadi legislator. Tapi pada 2014 lalu anjlok hanya tinggal dua orang. Untuk memenuhi target tersebut saat ini Partai yang dipimpin oleh Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) itu membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar. Meski dibuka kesempatan seluas-luasnya, Partai Demokrat tetap akan melakukan seleksi. Hal itu dengan dibentuknya tim sembilan yang terdiri dari para pengurus DPD Partai Demokrat DIJ. “Kami lakukan secara transparan dan tanpa mahar politik,” tegasnya.

Partai berlambang Mercy itu juga akan melakukan pendekatan pada tokoh-tokoh masyarakat yang ada di DIJ. Pendekatan tersebut juga sekaligus sebagai pendekatan pada mereka. “Kyai ataupun tokoh masyarakat yang dulu pernah menjadi Caleg akan kita rangkul kembali,” tuturnya.

Selain itu strategi yang akan dilakukan Partai Demokrat, lanjut aktivis 1998 itu juga dengan kembali membumikan isu-isu kerakyatan seperti yang dilakukan SBY selama ini. Dirinya mengklaim saat ini masyarakat merindukan kembali gaya kepemimpinan semasa Presiden SBY dulu. “Kalau diberi kesempatan dan amanah kami akan melanjutkan program pemerintahan SBY,” ungkapnya.

Heri yang juga baru dilantik oleh SBY belum lama ini mengungkapkan kepengurusan DPD Partai Demokrat yang baru siap kembali mengulangi kejayaan Partai Demokrat 2009 silam dalam Pmeilu 2019 nanti. “Kami dari Partai Demokrat DIJ siap (S14P) memenangkan Pemilu 2019,” tegasnya. (pra/ong)