JOGJA – Mendengar informasi operasional Pasar Beringharjo hingga pukul 21.00, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pun ingin kebijakan serupa diterapkan di Taman Pintar Jogja.

Mendikbud berharap Taman Pintar buka sampai malam. Supaya wisatawan tak sekadar jalan-jalan dan belanja, tapi sekaligus bisa memperoleh manfaat edukasi. Terutama bagi remaja dan anak-anak. “Nanti tinggal ditambah lampu penerangannya,” ujar Muhadjir usai mengunjungi stan pameran pendidikan di Taman Pintar, Sabtu (21/4) petang.

Usulan itu dilontarkan Mendikbud lantaran ketika rombongannya sampai di Taman Pintar, sarana edukasi masyarakat milik Pemkot Jogja itu sudah tutup. Selama ini Taman Pintar hanya beroperasi pada pukul 08.30-16.00. “Bagus ini untuk pendidikan, harusnya bisa buka sampai malam,” lanjutnya.

Selama beberapa saat berkeliling di area Taman Pintar, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengaku terkesan dengan ikan yang ada di aquarium di pintu masuk Gedung Oval. “Ini pakai air laut atau apa?” tanyanya. Selain itu Muhadjir juga sempat menanyakan tentang replika binatang yang ditampilkan melalui Augmented Reality. Termasuk informasi penemu di area dome. “Bagus, karena scientist Indonesia tidak hanya dari luar,” ungkapnya.

Kepala Bidang Taman Pintar, Dinas Pariwisata Kota Jogja Afia Rosdiana mengatakan, usulan Mendikbud soal perpanjangan waktu operasional Taman Pintar sedang dikaji secara internal. Hal itu mengingat kesiapan sumber daya manusia dan efektivitas Taman Pintar itu sendiri, jika beroperasi sampai malam. “Masih kami kaji dari berbagai aspek,” katanya. (pra/yog/mg1)