SLEMAN – Anggota MPR RI Ahmad Hanafi Rais menyerap aspirasi anak muda dengan mengadakan dengar pendapat bertema Arah dan Tahapan Pembangunan Bidang Pemerataan Pembangunan. Wakil Ketua DPRD DIJ Arif Noor Hartanto menjadi pembicara dalam acara tersebut.

Dikatakan, arah pembangunan Indonesia termaktub di alenia keempat UUD 1945. “Di sana, sudah sangat jelas tentang arah pembangunan negara kita,” ujarnya di SMK Muhammadiyah Prambanan, Sleman pada Sabtu (21/4).

Alinea keempat UUD 1945 memuat prinsip-prinsip negara Indonesia. Di antaranya, tujuan, bentuk negara dan dasar negara. “Bentuknya negara republik yang berkedaulatan rakyat dengan dasar negara Pancasila,” urai Inung, sapaan Arif.

Tujuan negara meliputi empat hal. Yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Keempat tujuan negara itu menjadi arah perjuangan bangsa Indonesia. Kemerdekaan harus diisi dengan pembangunan demi mewujudkan tujuan negara. “Sehingga secara bertahap cita-cita nasional negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur dapat terwujud,” ujarnya.

Lantaran peserta dengar pendapat mayoritas siswa dan siswi SMK, Inung juga menyinggung UU 40/2009 tentang Kepemudaan. Pembangunan kepemudaan demi mewujudkan pemuda berakhlak mulia, sehat, cerdas, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab. Juga memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan.

“Saat ini era ekonomi bebas. Anak muda harus selalu inovatif, kreatif dan terampil sehingga punya daya saing,” ingat Inung.

Dia meminta anak muda jangan grubyak-grubyuk yang tidak punya arah. Anggota DPRD DIJ dua periode ini prihatin dengan kondisi anak muda yang terjerat narkoba. Bermasalah dengan hukum karena melakukan kejahatan dan kekerasan.

Dia mencontohkan adanya 300-an pemuda di DIJ yang meringkuk di penjara. “Ini hidup yang sia-sia. Anak-anak SMK Muhammadiyah, jangan sekali-kali mencoba yang namanya narkoba. Jangan melakukan kejahatan dan kekerasan. Mari kita berinovasi dan berkreasi untuk negeri dan diri kita sendiri,” ajaknya.

Kepala SMK Muhammadiyah Prambanan, Iskak Riyanto mengapreasi kegiatan dengar pendapat yang diinisiasi Hanafi Rais. Dia berharap, ke depan pemerintah lebih perhatian dengan generasi muda. Dia setuju dengan ajakan Inung agar anak muda berpikir kreatif dan bertindak inovatif demi meningkatkan daya saing. (*/jko/kus/iwa/mg1)