PURWOREJO – Dinas Sosial Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosduk KBPPA) Purworejo memiliki cara berbeda untuk menghindarkan anak dari tindak kenakalan remaja ataupun penyimpangan lainnya. Dikemas dalam lomba stand up comedy generasi berencana (Genre), setidaknya remaja jenjang SMP-SMA dari 16 kecamatan di kabupaten ini diajak untuk memahami dampak penyimpangan remaja Jumat (20/4).

Dalam ajang itu, setiap peserta diberi waktu 5-10 menit untuk membawakan meteri sesuai tema “Perangi Bersama Risiko Triad KRR, Yakni No Free Sex, No Drug, dan No HIV AIDS”. Beragam persoalan pun disampaikan secara menggelitik di hadapan ratusan remaja lain dan guru pendampingnya. Kegiatan ini juga disaksikan para penyuluh KB, perwakilan Polres, serta sejumlah pejabat OPD mitra Dinsosduk KBPPPA.

“Ajang ini inisiatif Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo dan baru pertama digelar,” kata Kasi Ketahanan Keluarga Sejahtera Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo Purwi Harsyono.

Diungkapkan, Stand Up Comedy Genre menjadi salah satu bentuk advokasi, komunikasi, informasi, dan edukasi tentang kesehatan reproduksi. Melalui sosialisasi yang dikemas secara santai, remaja diharapkan dapat lebih mudah menerima dan memahami.

“Dari forum ini kita ingin remaja memiliki sikap dan perilaku sehat dan bertanggung jawab kaitannya dengan masalah kehidupan reproduksi, serta dapat terhindar dari berbagai masalah penyimpangan remaja,” tambah Purwi.

Lebih lanjut disampaikan jika persoalan remaja, kasus pernikahan dini dan hamil di luar nikah masih cukup tinggi di Kabupaten Purworejo. Butuh dukungan dari semua elemen masyarakat untuk menyelesaikannya.

“Kami juga menggencarkan sosialisasi. Antara lain dengan melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah, kerja sama dengan kepolisian dalam penyuluhan narkoba, serta menggandeng PIK Mahasiswa UMP dan PIK Remaja untuk memperkenalkan program genre,” katanya. (udi/laz/mg1)