JOGJA – Kemampuan public speaking butuh dilatih, tidak bisa diraih dengan cara instan. Demikian disampaikan Presenter Jogja TV Rosa Kusuma dalam pelatihan public speaking di UMY kemarin.

Kemampuan public speaking butuh kepercayaan diri. Kadang mahasiswa punya ide namun tidak mampu menyampaikan ke orang lain. “Maka ide tersebut berhenti pada diri sendiri,” katanya.

Pelatihan dihadiri Sekretaris Prodi Muhammad Eko Atmojo SIP MIP dan Koordinator Laboratorium Ilmu Pemerintahan Sakir SIP MIP.

Rosa mengatakan public speaking adalah pekerjaan yang menuntut profesionalitas. Namun di sisi lain sebagai hobi yang menguntungkan.

Dia menerangkan langkah efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi. “Tersenyumlah, gunakan kontak mata,” katanya.

Kotak mata sebagai bentuk penghargaan terhadap lawan bicara. “Mengolah kalimat yang tepat lebih variatif dan praktik langsung lewat rekaman handphone,” ungkap Oca, sapaan Rosa.

Hadir sekitar 200 mahasiswa sebagai peserta pelatihan. Soft skill public speaking rutin diadakan Prodi Ilmu Pemerintahan UMY.

Eko Atmojo mengatakan mahasiswa harus menguasai tata cara berbicara dengan baik. Mahasiswa diharap mampu mengaktualisasikan diri dalam public speaking.

“Ini menjadi modal kalian setelah lulus nanti yang ingin menjadi anggota dewan atau kepala daerah. Pejabat butuh memberikan pidato dan sambutan,” kata Eko. (nn/iwa/mg1)