KULONPROGO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulonprogo menggalakkan kegiatan bersih sungai di Kulonprogo. Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk kerisauan pencemaran lingkungan yang bisa mengancam kelestarian alam.

Sekitar 50 orang dari berbagai organisasi bersama-sama melaksanakan bersih sungai Serang Minggu (15/4). Kegiatan itu dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulonprogo Arif Prastowo.

“Bersih sungai ini dilaksanakan bersama-sama aparat kepolisian, TNI, pramuka dan masyarakat, semua ikut terlibat. Membersihkan sungai sepanjang lima kilometer,” kata Arif.

Gerakan tersebut adalah jawaban dari kerisauan atas kondisi sungai yang tercemar sampah. Kegaiatan ini juga menjadi cara mengendalikan sampah sekaligus sebagai sosialiasi agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai.

“Sebagai lokasi kegiatan pertama dimulai dari Jembatan Dayakan ke atas hingga Jembatan Derwolo. Mudah-mudahan dengan bersih sampah ini menjadikan sungai bersih,” jelas Arif.

Salah satu penggerak bersih sungai dari organisasi kemasyarakatan peduli sampah Rolis mengungkapkan dia mendukung kegiatan bersih sungai yang dinilai sangat penting.

“Paling tidak kami ambil sampah-sampah anorganik seperti plastik, botol bekas minuman dan sebagainya, Tujuannya agar sungai bersih, sehat dan mengantisipasi banjir,” ungkap Rolis. (tom/iwa/mg1)