TMMD Reguler Ke-101 Kodim 0734/Jogja

JOGJA– Penyuluhan pertanian menjadi salah satu sasaran non-fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-101 TA 2018 Kodim 0734/Jogja di wilayah Umbulharjo, Kota Jogja. Selain penyuluhan, Satgas TMMD juga mengajari warga praktik membuat dan mencampur pupuk organik untuk penyubur tanaman sayur serta buah-buahan.

Kegiatan tersebut melibatkan semua unsur yang terlibat TMMD. Babinsa Giwangan Koptu Hartono bertindak sebagai penyuluh.

Peserta penyuluhan sangat antusias mengikuti kegiatan dan praktik lapangan. Selain mengolah pupuk, warga juga diajari teknik pemupukan yang baik dan benar, sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah maupun sayur yang bagus dan berdaya guna.

“Materi yang disampaikan Pak Babinsa sangat menarik dan bermanfaat,” ujar Suparmi,51, salah seorang peserta penyuluhan, kemarin (18/4/2018)

Setelah merasa cukup mampu dan terampil membuat pupuk kompos Suparmi berencana membuatnya sendiri untuk tanaman polyback di kebun halaman rumahnya.

“Sampai saat ini masih ada beberapa tanaman milik saya yang belum bisa tumbuh optimal. Dengan pupuk kompos ini semoga bisa subur,” harapnya.

Koptu Hartono mengatakan, penyuluhan dan praktik membuat pupuk kompos bertujuan membekali masyarakat sasaran TMMD agar bisa mengelola kebun mandiri. Itu dalam rangka meningkatkan perekonomian warga. Setidaknya sayur dan buah yang dihasilkan dari kebun mandiri kelak bisa dikonsumsi untuk keluarga. Dengan begitu, warga tak perlu lagi belanja sayur dan buah di pasar.(yog/zam)