PURWOREJO – Baliho bergambar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berebut suara dalam Pilgub Jateng 2018 disoal, karena penempatannya dinilai kurang tepat dan membahayakan pengguna jalan. Setidaknya ada dua tempat yang dinilai kurang tepat yaitu di perempatan Pasar Mati Cangkrep, Kecamatan Purworejo, dan di jalan utama Purworejo-Jogjakarta di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen.

Pantauan koran ini, baliho di perempatan Pasar Mati memang terlalu dekat dengan badan jalan. Ketinggian sudut baliho juga relatif rendah dan rawan jika mengenai pengguna jalan.

Kasi Trantib Kecamatan Purworejo Djat Wibowo mengatakan, pihaknya menerima banyak keluhan dari masyarakat di beberapa desa/kelurahan di Kecamatan Purworejo. Diharapkan pemasangan baliho ditinjau ulang dan dilakukan perbaikan. “Banyak pengaduan yang masuk ke saya sejak selesai dibangun beberapa hari ini,” kata Djat Jumat (30/3).

Warga yang mengadukan kepadanya, antara lain, dari desa dan Kelurahan Cangkrep Lor, Cangkrep Kidul, Wonoroto, Semawung dan beberapa lainnya. Terlalu mepetnya dengan badan jalan dan terlalu rendah, ancaman terjadinya kecelakaan cukup tinggi.

“Warga agak takut karena lokasinya kan ada di tikungan. Suatu waktu bisa saja kendaraan turun dari badan jalan dan bisa terkena besi yang ada,” tambahnya.

Menanggapi pengaduan itu, ia sudah meneruskan ke Panwascam Purworejo. Diharapkan ada tindak lanjut dari pihak terkait untuk penanganannya.

Baliho itu belum lama ini dipasang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo sebagai salah satu alat peraga kampanye (APK) dari KPU Jawa Tengah. Di Purworejo sendiri dipasang lima baliho berukuran 4×6 meter di lima tempat strategis.

Ketua Panwaslu Kabupaten Purworejo Rinto Hariyadi mengaku mendapat laporan dari Panwascam Purworejo tentang hal tersebut. Keluhan yang sama juga diterima dari Panwascam Bagelen. “Intinya memang sama, pemasangannya terlalu dekat badan jalan,” kata Rinto.

Disampaikan jika hal itu menjadi ranah KPU dan pihaknya telah mengkomunikasikan adanya laporan dari masyarakat tersebut. (udi/laz/mg1)