JOGJA – Pegadaian tidak hanya untuk gadai. Banyak produk Pegadaian lain yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Hal itulah yang akan dikenalkan Pegadaian kepada masyarakat melalui Pegadaian Literasi Fair di Jogja City Mall (JCM) hari ini (31/3) dan besok (1/4).

“Masyarakat masih banyak yang belum tahu jika Pegadaian sekarang sudah bertransformasi ke arah yang lebih modern,” ujar Deputi Bisnis Pegadaian Area DIJ Mushonif saat berbincang dengan wartawan Kamis (29/3). Menurutnya, saat ini produk BUMN dengan lambang timbangan itu tidak hanya melayani gadai, tapi juga pembiayaan kendaraan bermotor, beli emas, hingga tabungan haji.

Untuk itu melalui Pegadaian Literasi Fair yang akan menghadirkan 10 both produk Pegadaian serta klinik kesehatan, masyarakat bisa langsung mengakses. Pegadaian sendiri saat ini mulai bertransformasi ke dunia digital, seperti adanya aplikasi Amnah yakni kredit kendaraan dengan bunga rendah, Investasi Logam Mulia hingga Arrum Haji dan Pegadaian Digital Service atau Agen Pegadaian.

Salah satu yang menurut Mushonif menarik adalah produk Arrum Haji. Di tengah banyaknya kasus biro haji dan umrah yang gagal memberangkatkan jamaah, melalui Arrum Pegadaian mengajak calon jamaah untuk mendaftar haji hanya dengan menitipkan emas 15-20 gram. Calon jamaah akan didaftarkan langsung dengan kuota Kementerian Agama. “Prosedurnya seperti apa? Silakan datang dan menanyakan kepada petugas kami di JCM nanti,” ajaknya. (**/pra/laz/mg1)