JOGJAKARTA menyimpan khazanah wisata alam yang tak pernah ada habisnya. Mulai gunung, pantai, kebun buah hingga gua, semua ada.

Dari sekian banyak destinasi wisata alam, susur gua belum menjadi wisata populer. Masyarakat masih menganggap sebagai wisata ekstrem.

Namun, sekali Anda merasakan sensasi susur gua, dijamin ketagihan. Ya, sensasi berada di dalam gua yang gelap dan lembab menimbulkan kesan primitif namun mengagumkan.

Salah satu gua yang masih alami dan jarang dijamah namun menyimpan keindahan luar biasa dan wajib dikunjungi adalah Gua Gajah. Terletak di Lemahbang, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Gua Gajah berjarak sekitar satu jam dari Kota Jogja. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Aksesnya mudah karena banyak petunjuk jalannya.

Tinggal mengikuti rute menuju Kebun Buah Mangunan. Letak Gua Gajah sekitar dua kilometer dari Kebun Buah Mangunan.

Menurut pemandu setempat, Eni Sri Sulistyana, 31, gua ini telah terbentuk sejak ratusan tahun lalu. Awalnya Gua Gajah diperuntukkan bagi mereka yang ingin semedi. Namun sejak 2016 dibuka untuk umum.

Gua ini yang memiliki panjang 200 meter. Memiliki stalakmit dan stalagtit di sepanjang gua. Terdapat batu menyerupai bentuk gajah. Batu inilah yang membuat gua berstruktur horizontal ini dinamakan Gua Gajah.

Di ujung gua, terdapat pohon berusia ratusan tahun dan tumbuh menembus langit gua. Membuat lubang pada langit gua.

Dari lubang tersebut pada jam-jam tertentu sinar matahari masuk menembus ke dalam gua. Inilah yang menjadi daya tarik utama Gua Gajah. Masyarakat sekitar menamakannya “Cahaya Surga”.

Untuk bisa mendapatkan “Cahaya Surga” pengunjung disarankan datang ke Gua Gajah pukul 12.00. Selain itu, wisata ini terbilang murah. Pengunjung hanya ditarik biaya parkir kendaraan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Bagi pengunjung yang belum memiliki keahlian caving tidak perlu khawatir. Gua ini tergolong mudah untuk pemula.

Gua Gajah masih dikelola warga setempat. Menyediakan jasa penyewaan lampu senter dan guide. Tidak ada patokan harga untuk jasa ini. Pengunjung dapat memberikan upah jasa seikhlasnya. (cr4/iwa/mg1)